Percepat penurunan stunting, Menkominfo siapkan dukungan komunikasi dan akses internet

Fikrirasy.ID – Presiden Joko Widodo memberikan perhatian serius pada upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia. Sekretaris Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan Departemen Komunikasi dan Informatika mendukung upaya tersebut melalui program komunikasi publik strategis yang menyediakan pusat data dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk akses Internet.

Sekretaris Johnny mengatakan penanganan stunting harus dimulai dengan sosialisasi di tingkat nasional. Untuk itu, Menkominfo menyiapkan dukungan komunikasi untuk publik.

“Park Usman (Sekjen IKP Kominfo) menyiapkan program sosialisasi pengurangan stunting, bahkan meminta tampil di TV untuk segera menginformasikan kepada masyarakat. Acara talk show sudah selesai,” ujarnya saat ditemui Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN, di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (13/1/2022).

Menurut Menkominfo, komunikasi publik dilakukan sebagai bentuk kampanye pemerintah dengan berbagai strategi. Sementara itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana juga perlu mengkampanyekan secara efektif kepada masyarakat luas.

Baca juga:
Kominfo mengundang e-commerce untuk mempromosikan kepresidenan G20 Indonesia

“Ada banyak strategi komunikasi yang berbeda. Materi promosi sudah kami siapkan,” jelasnya.

Menteri Johnny menegaskan ada beberapa daerah yang rata-rata angka stuntingnya masih di atas 30%, sesuai dokumen BKKBN terkait percepatan penurunan stunting di Indonesia. Padahal pemerintah sudah menetapkan target setiap tahun, 10% harus tercapai. Oleh karena itu, Menkominfo meminta agar upaya komunikasi ditanggapi dengan serius untuk mengatasi pertumbuhan yang terhambat tersebut.

“Dalam kasus yang parah, bisa turun hingga 10% dalam dua tahun. Belum lagi meminta 14%, itu jauh lebih rendah dari yang seharusnya. Ini adalah program sektor yang membutuhkan komunikasi. Saya berharap korelasi antara pemrograman yang kami lakukan dan komunikasi yang kami lakukan berjalan ke arah yang sama.”

Baca Juga:  Suami membunuh istri di Semarang untuk mendapatkan bisikan gaib

infrastruktur TIK
Menkominfo mengatakan pihaknya juga akan membantu menghadirkan aplikasi dan pusat data melalui sistem pemerintahan berbasis elektronik. Namun Sekretaris Johnny menekankan perlunya kapasitas data.

“Dukungan Kominfo sederhana. Kami sudah konfirmasi bisa membantu e-government. Kalau butuh data center, kami siapkan. Dan pertama, berapa kapasitas prosesornya, berapa memorinya, dan berapa virtualnya. kapasitas CPU. Anda harus memeriksa dan mengetahuinya. Anda harus mengetahui klasifikasinya dan selebihnya akan membantu Anda nanti.”

Baca juga:
Kominfo Lacak Dugaan Pelanggaran Data Pasien Rumah Sakit yang Dijual di Internet

Menurut Menteri Johnny, Kominfo siap bekerja sama dengan BKKBN mengingat adanya korelasi program pemerintah pusat terkait percepatan penurunan stunting di Indonesia.



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Percepat penurunan stunting, Menkominfo siapkan dukungan komunikasi dan akses internet

Dari Situs Fikrirasy ID