Harga minyak turun karena kasus varian baru dari lonjakan Omicron

NEW YORK (Antara) – Pasar mengalami kerugian mingguan karena harga minyak jatuh pada akhir perdagangan Jumat dan kasus virus corona jenis Omicron melonjak, meningkatkan kekhawatiran bahwa peraturan baru dapat mengurangi permintaan bahan bakar.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari turun $1,50 (2,0%) menjadi ditutup pada $73,52. Tertinggi sesi adalah $74,97 dan terendah adalah $72,65. Minyak mentah Brent turun 3,3% selama seminggu.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari turun 81 sen, atau 2,1 persen, menjadi ditutup pada $70,86 per barel. Tertinggi sesi adalah $72,25 dan terendah adalah $69,94. WTI turun 1,1% minggu ini.

Baca juga: Harga minyak naik karena permintaan AS yang kuat dan prospek ekonomi yang optimis

“Kekhawatiran virus corona tidak akan hilang dan persepsi yang dapat menekan permintaan memberi tekanan pada pasar,” kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho, ​​New York.

Di Denmark, Afrika Selatan, dan Inggris, jumlah kasus omicron baru berlipat ganda setiap dua hari. Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen mengatakan pada hari Jumat bahwa pemerintah akan mengusulkan peraturan baru untuk membatasi penyebaran.

Di Amerika Serikat, penyebaran varian Omicron yang cepat mengakibatkan beberapa perusahaan menghentikan rencana karyawan untuk kembali ke kantor.

Baca juga: Legislatif: Perlu Regulasi untuk Stabilkan Harga Minyak Goreng

“Sentimen pasar menyusut karena kehati-hatian dan peringatan tentang memburuknya COVID-19 mulai terdengar lebih keras saat musim liburan mendekat,” kata Vandana Hari, analis energi di Vanda Insights.

“Minyak mentah rata-rata fluktuatif, tetapi bisa mempertahankan pola bertahannya karena perdagangan menurun selama beberapa minggu mendatang.”

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu Rusia OPEC+ mengatakan mereka dapat bertemu sebelum pertemuan yang dijadwalkan pada 4 Januari jika perubahan perkiraan permintaan memaksa mereka untuk meninjau rencana untuk meningkatkan pasokan mereka sebesar 400.000 barel per hari pada 4 Januari. Januari.

Baca Juga:  Jejak kisah para pemimpin gerakan Bandaneira

Baca lebih lanjut: Harga minyak naik karena permintaan konsumen dan persediaan yang lebih rendah

“Saat kami mempelajari lebih lanjut tentang Omicron, kami mungkin melihat konsolidasi lebih lanjut di sekitar $70 di sesi mendatang,” kata Craig Erlam, kepala analis pasar di OANDA.

Tetapi terlepas dari ancaman permintaan dari Omicron, Goldman Sachs menambahkan pada hari Jumat bahwa strain baru akan berdampak terbatas pada mobilitas atau permintaan minyak, dengan konsumsi minyak mencapai level tertinggi sepanjang masa pada 2022 dan 2023.

Reporter: Apep Suhendar
Redaktur: Herry Soebanto
HAK CIPTA © ANTARA 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Harga minyak turun karena kasus varian baru dari lonjakan Omicron

Dari Situs Fikrirasy ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *