Review OPPO A96 – Fikrirasy.ID

OPPO Indonesia telah mengumumkan jagoan terbaru dari kelas menengah, yaitu OPPO A96. Bisa dibilang penerus A95 yang cukup sukses di pasaran, smartphone ini semakin percaya diri berkat sederet penyempurnaan yang menarik, baik di hardware maupun software.

Penasaran dengan keunggulan OPPO A96? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

dirancang untuk bertahan

Dari segi desain, OPPO mengandalkan teknologi OPPO Glow yang kembali menutupi bagian belakang. Bagi yang belum tahu, OPPO Glow merupakan sentuhan akhir yang membuat ponsel tidak terlalu kotor (terutama dari sidik jari) dan lebih tahan gores. Sejauh ini, pengujian berbagai ponsel yang didukung oleh OPPO Glow telah membuktikan bahwa teknologi ini dapat menjaga punggung Anda tetap bersih dan mulus.

Pada A96, OPPO menawarkan dua pilihan warna: Pearl Pink dan Starry Black. Pearl Pink adalah warna baru yang mengekspresikan gradasi merah muda saat terkena cahaya. Di sisi lain, Starry Black memberikan kesan langit malam penuh bintang dengan menambahkan kesan modern pada warna hitam klasik.

Saat digenggam, OPPO A96 terasa cukup ramping dengan tepian yang sedikit melengkung. Ketebalannya hanya 8.4mm dan beratnya sekitar 190g. Agak licin, tapi tidak terlalu licin sehingga mudah lepas dari tangan Anda. Untuk pegangan yang lebih stabil, Anda dapat memasang softcase yang sudah ada di dalam kotak.

Secara keseluruhan, DNA desain OPPO A96 tidak jauh berbeda dengan A76. Di bagian belakang, bingkai kamera persegi ditampilkan di sudut kiri atas, dan kedua lensa dilindungi oleh kaca bundar besar. Sensor sidik jari tetap terpasang di tombol daya.

Di bagian bawah, berdampingan adalah port USB-C dengan lubang mikrofon, port jack audio 3,5mm, dan jack speaker. Selain di bagian bawah, ada lubang mikrofon di bagian atas. OPPO A96 memiliki dua slot nano-SIM dan slot microSD khusus, bukan hybrid.

Menariknya, OPPO A96 merupakan smartphone yang tak hanya tampil stylish tapi juga tahan lama. Jadi, Oppo melakukan berbagai tes, termasuk enam tes utama: drop, tahan air, radiasi, lingkungan, dan gangguan sinyal. Faktanya, A96 memiliki peringkat tahan air IPX4 dan peringkat tahan debu IP5X.

Ada juga pengujian yang meliputi earphone dicolokkan 10.000 kali, kabel USB dicolokkan 20.000 kali, tombol power 500.000 kali, tombol volume 150.000 kali, dan ketahanan soket USB. 10 kilogram kekuatan eksternal. Semuanya dilakukan untuk memastikan OPPO A96 ideal untuk penggunaan jangka panjang.

Layar 90Hz dengan fitur adaptif

OPPO A96 juga dilengkapi layar punch hole 6,59″ Full HD + dengan refresh rate 90Hz (180Hz touch sampling rate) dan 96% NTSC wide color gamut. Dengan rasio screen-to-body sebesar 90,8%, layar ini dilengkapi teknologi Adaptive Refresh Rate dan All-day AI Eye Comfort (Sunlight Display dan Moonlight Display).

Saya rasa tidak ada yang perlu dikeluhkan tentang layar A96. Tajam, ekspresi warna yang bagus, dan kecerahan yang beragam, sehingga cocok digunakan di berbagai kondisi. Fitur kecepatan refresh adaptif secara otomatis memilih kecepatan refresh (antara 60 Hz atau 90 Hz) berdasarkan konten yang ditampilkan dan kebiasaan pengguna. Jadi jika Anda tidak membutuhkan kecepatan refresh yang tinggi, konsumsi daya mungkin lebih hemat.

Di kategori audio, kali ini OPPO A96 menawarkan speaker stereo yang tidak dapat Anda temukan di A76. Dengan dua speaker, Fikrirasy.ID yang dihasilkan lebih enak di telinga. Menonton film di Netflix, menonton video di YouTube atau bermain game lebih memuaskan. Selain itu, layar A96 sudah memiliki sertifikasi Netflix HD dan Amazon HD. Audio dan visual yang bagus.

Kamera 50MP

OPPO A96 dibekali kamera utama 50MP f/1.8 serta kamera bokeh 2MP f/2.4. Ya, hanya dua. Tidak ada kamera makro yang saya butuhkan lebih sedikit. Namun, agak mengecewakan karena tidak ada kamera sudut ultra lebar yang saya pribadi cukup sering gunakan. Di bagian depan terdapat kamera selfie 16MP f/2.0.

Oppo A96

Di sisi software, OPPO telah menambahkan fitur Bokeh Flare Portrait yang juga menjadi andalan seri Reno. Ai Natural Retouching juga membuat wajah Anda terlihat cantik alami, dan cahaya pengisi 360 derajat membuat selfie tetap cerah bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Untuk pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan yang sesuai, baik kamera belakang maupun depan OPPO A96 mampu menghasilkan gambar yang tajam. Reproduksi warnanya juga cenderung sama dengan aslinya, namun tetap tidak terlihat hidup atau pucat. Rentang dinamis cukup baik untuk berpindah dari area yang sedikit lebih gelap ke area paling terang pada pandangan pertama.

IMG20220101175424

IMG20220101180524

potret

IMG20220101180807

Karena tidak ada kamera ultra-lebar atau makro, mode potret jelas yang paling mendasar di sini. Dalam mode potret, pemisahan antara subjek utama dan latar belakang terlihat rapi dan halus. Selain itu, seperti menggunakan lensa bukaan lebar, efek bokehnya natural dan peran AI tidak berlebihan.

Baca Juga:  Ulasan ASUS ROG Phone 5s: Ponsel Gaming Berperforma Tinggi

Beralih ke pemotretan dalam ruangan, kamera OPPO A96 andal mempertahankan ketajaman dan warna bahkan dalam kondisi yang hanya mendukung cahaya lampu. Masih ada area perbaikan untuk mengurangi noise saat mengabadikan momen dalam kondisi kurang cahaya, namun hasilnya tetap bagus untuk dipamerkan di media sosial.

IMG20220101220429

IMG20220101211903

IMG20220101220409

IMG20220101215813

Lihat juga

IMG20220101225911

Untuk perekaman video, OPPO A96 dapat merekam hingga 1080p pada 30fps menggunakan kamera belakang dan depan. 60fps belum bisa. Selain itu, saya tidak dapat menemukan stabilisasi apa pun, sehingga hasil video agak tidak stabil saat saya merekam sambil berjalan.

VID20220101175226

Snapdragon 680. kinerja yang kuat

Seperti A76, OPPO A96 telah meninggalkan departemen kinerja kembali ke chipset Qualcomm Snapdragon 680, dan meskipun bukan yang tercepat di kelasnya, ia menawarkan kinerja yang cukup kuat. OPPO juga menawarkan RAM 8GB, yang dapat diupgrade hingga 13GB.

Menjalankan dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain terasa sangat mulus. Multitasking juga cukup menyenangkan dan tidak ada kendala berarti saat membuka banyak aplikasi sekaligus. Masih oke buat gaming. Mobile Legends dan PUBG Mobile bisa dimainkan dengan frame rate yang stabil.

Salah satu yang membedakannya dengan A-series lain yang sudah ada di Indonesia, OPPO A96 hadir dengan penyimpanan internal 256GB. sangat aman! Sangat cocok untuk pengguna yang ingin menginstal berbagai game berkapasitas besar atau sering mengabadikan momen dalam bentuk foto dan video. Jika itu tidak cukup, Anda dapat menginstal microSD hingga 1TB.

OPPO A96 dilengkapi dengan baterai 5.000mAh yang didukung oleh SuperVOOC 33W, teknologi pengisian cepat. Soal daya tahan hingga satu hari atau hingga 1,5 hari tidak perlu dipertanyakan lagi (tergantung gaya pemakaian). Ini dimungkinkan oleh manajemen daya ColorOS yang cukup bagus. Bahkan dengan sisa baterai 5%, OPPO A96 dapat digunakan untuk mengirim pesan melalui WhatsApp selama 58 menit atau berbicara di telepon hingga 1 jam 43 menit berkat fitur mode super sleep.

Sedangkan untuk pengisian daya, teknologi SuperVOOC 33W dapat mengisi baterai A96 hingga 100% (di bawah kondisi 10%) dalam waktu sekitar 70 menit. Pengisian cepat juga aman dengan berbagai sistem perlindungan, seperti pengisian semalam yang dioptimalkan, yang secara otomatis berhenti mengisi daya saat mencapai 80% di malam hari dan mengisi ulang sendiri 1 jam sebelum bangun tidur.

kesimpulan

Dengan selisih harga yang cukup signifikan, OPPO A96 jelas membuat penawaran yang jauh lebih menarik dibandingkan A76. Fiturnya lebih lengkap, ruang penyimpanan jauh lebih besar dan kamera jauh lebih baik. Bagi saya, OPPO A96 bisa menjadi penggerak sehari-hari bagi banyak tipe pengguna, terutama yang menginginkan ponsel yang awet dan tahan lama.

Ya, itu bukan yang paling sempurna dan masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki. Namun, beberapa kekurangan dari ponsel ini adalah minor dan tidak terlalu mengganggu pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Oppo A96

Bagi yang berminat, OPPO A96 dibanderol dengan harga Rp 4.299.000 dan sudah bisa dipesan secara offline mulai 7-15 April 2022 melalui retailer perangkat smartphone OPPO dan jaringan OPPO Store di seluruh Indonesia. Pemesanan online dapat dilakukan melalui aplikasi OPPO Store di perangkat smartphone OPPO Anda atau melalui OPPO Official Store di jaringan situs e-commerce besar di Indonesia.

Selama periode pemesanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan terbatas sebesar Rp 1.359.000 berupa speaker bluetooth soundbox A96 senilai Rp 599.000, terbatas dan selama persediaan masih ada. Diskon spesial Rp 300.000 untuk pembelian bundle dengan OPPO Watch Free.

Keunggulan OPPO A96:

  • Desain yang stylish dan cukup kuat
  • OPPO Glow tidak mudah kotor dan anti gores.
  • Ada peringkat IPX4 dan IP5X.
  • Layar 90Hz dengan fungsi adaptif
  • Performa tangkas, dukungan untuk ekspansi RAM
  • Penyimpanan 256GB
  • Foto-fotonya cukup bagus. Ada fitur potret bokeh flare.
  • masa pakai baterai yang lama
  • 33W Super VOOC
  • pengeras Fikrirasy.ID stereo
  • Ada NFC
  • Sudah ada chargernya, jadi tidak perlu beli terpisah.

Kekurangan OPPO A96:

  • Tidak ada kamera ultra lebar
  • Stabilisasi belum mendukung perekaman video.
  • Kalau harganya di atas 4 juta won akan lebih asyik jika menggunakan chipset 5G

OPPO A96 cocok untuk:

  • Siswa/Mahasiswa: Daya tahan baterai yang lama dan performa yang mumpuni menjadikan A96 cocok untuk anak muda dengan berbagai aktivitas.
  • karyawan: Teknologi SuperVOOC adalah jawaban untuk karyawan sibuk yang tidak punya banyak waktu untuk mengisi daya ponsel mereka. Fitur ekspansi RAM juga membantu saat multitasking.
  • Pekerja lapangan: Ponsel bergaya mungkin masih cocok untuk pekerja lapangan. Asalkan baterainya kuat dan bodinya sekuat A96.
  • ibu rumah tangga: OPPO A96 cocok untuk ibu rumah tangga yang membutuhkan ponsel untuk berkomunikasi dengan anak, media sosial, dan fotografi.
  • Penggemar Netflix/Drakor: Ponsel ini disertifikasi untuk Netflix HD. Sangat cocok bagi Anda yang ingin menonton film atau drama Korea.

OPPO A96 dapat menjadi driver harian bagi banyak jenis pengguna, terutama yang menginginkan ponsel yang awet dan tahan lama.

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Review OPPO A96 – Fikrirasy.ID

Dari Situs Fikrirasy ID