5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Dapat Menambah Uang Jajan

5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Dapat Menambah Uang Jajan

fikrirasy.id – 5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Dapat Menambah Uang Jajan. Sebagai seorang pelajar, Anda tentu memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan ketika Anda masih di bangku sekolah. Belum lagi apakah Anda seorang pelajar asing dan pelajar rumah tangga, kebutuhan Anda pasti akan meningkat.

5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Dapat Menambah Uang Jajan

Sayangnya, banyak mahasiswa yang bingung mencari uang saku tambahan untuk memenuhi segala kebutuhannya. Padahal ada banyak peluang bisnis yang cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa. Jadwal kuliah yang terkadang tidak padat bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menjalankan bisnis dan mencari penghasilan.

Berikut adalah ide bisnis yang bisa dijalankan mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Preloved

Saat ini bisnis yang telah diisi sedang trending. Preloved adalah kegiatan jual beli barang bekas yang masih memiliki nilai jual. Bisnis jual beli barang bekas memiliki peluang yang besar karena sebagian orang cenderung lebih memilih membeli barang yang sudah dibicarakan karena harganya lebih murah. Peluang bisnis ini bisa Anda manfaatkan jika memiliki barang-barang yang sedang trend dan dicari banyak orang. Anda bisa memasarkan barang-barang yang sudah Anda kerjakan melalui media sosial. Anda juga bisa bekerja sama dengan teman kuliah untuk menjalankan bisnis yang sudah diisi agar bisnis lama Anda bisa berkembang dengan cepat.

2. Freelance Writer

Jika Anda memiliki kemampuan menulis yang luar biasa, maka menjadi penulis lepas adalah salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini mudah dilakukan dan nyaris tanpa modal, karena yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi. Selain itu, bisnis ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa terikat waktu. Tulisan yang ditawarkan juga sangat bervariasi, mulai dari artikel umum tentang berbagai topik hingga penulisan kreatif seperti cerpen, cerita bersambung, dan puisi.

Baca Juga:  5 Contoh Usaha Kecil-kecilan Mulai dari Rumah

3. Freelance Terjemahan

Bagi Anda yang mahasiswa bahasa asing atau yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, Anda bisa menjadi penerjemah. Bisnis penerjemah banyak digeluti oleh mahasiswa karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak atau peralatan yang banyak. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya membutuhkan kemampuan bahasa asing yang berkualitas dan peralatan untuk mengetik seperti gadget, laptop, atau komputer yang umumnya dimiliki oleh para pelajar.

4. Freelance Fotografer

Buat kamu yang suka fotografi, mungkin kamu bisa mencoba menjadi fotografer lepas. Peluang bisnis fotografi ini sangat luas karena saat ini banyak yang membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen-momen tertentu seperti pernikahan dan wisuda atau untuk keperluan bisnis seperti pembuatan foto produk. Untuk menjadi fotografer lepas, Anda hanya membutuhkan kamera dan laptop untuk mengedit kebutuhan Anda saat dibutuhkan.

5. Bisnis Pulsa Elektrik

Saat ini smartphone dan internet menjadi hal utama dalam menunjang aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, mahasiswa sangat membutuhkan smartphone dan internet untuk menunjang kuliah. Kebutuhan mahasiswa akan paket pulsa dan data bisa dijadikan ide bisnis karena bisnis pulsa listrik tidak membutuhkan modal yang besar. Selain mudah dilakukan, bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar jika dikelola dengan baik.

Nah itu dia 5 ide bisnis yang bisa kamu lakukan sambil kuliah. Selain menambah uang jajan dan juga bisa menambah pengalamanmu, semoga bermanfaat.