Pelajari tentang Zaman Keemasan atau Perkembangan Anak

Mengetahui masa keemasan atau masa tumbuh kembang anak. zaman keemasan anak-anak adalah masa keemasan anak Ini adalah waktu yang penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan. Di zaman keemasan ini, pembentukan sistem saraf pada dasarnya terjadi. Pada saat ini, ada hubungan antara sel-sel saraf. Kuantitas dan kualitas koneksi ini menentukan kecerdasan bayi.

zaman keemasan

Pentingnya masa keemasan masa bayi

Orang tua perlu mengetahui usia mereka Balita Ini adalah masa keemasan bagi setiap pertumbuhan individu. Karena usia lima tahun pertama anak sangat menentukan. Masa ini merupakan masa yang melandasi, melandasi dan melandasi berbagai aspek pembangunan.

Usia emas adalah usia seorang anak pada tahap awal kehidupan di dunia. Golden Age adalah usia anak 0-5 tahun. Usia ini paling baik untuk perkembangan tubuh dan otak. Sudah banyak informasi tentang masa keemasan, namun sayangnya masih ada beberapa orang tua yang kurang memperhatikannya.

Padahal, bukan hanya masa kanak-kanak yang penting dalam kehidupan manusia. Setiap waktu penting. Namun, pengalaman pertama ini biasanya terjadi pada masa bayi. Pengalaman pertama akan terekam kuat di alam bawah sadar mereka.

Pengalaman tersebut akan menjadi syarat bagi anak untuk bertindak di masa depan. Ini karena sirkuit emosi manusia terbentuk sejak masa bayi. Bahkan ketika anak berusia 2 bulan.

Tentunya sebagai orang tua, kita ingin anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik. Ada beberapa tahapan yang memicu perkembangan optimal pada anak. Caranya adalah dengan mengetahui dan mengoptimalkan usia emas anak atau biasa disebut dengan usia emas.

Baca juga:

Tips mengetahui usia emas anak Anda.

0-5 tahun adalah masa kritis (masa keemasan):

Seorang anak antara usia 0 dan 5 adalah periode perkembangan otak. Masa 0-5 merupakan masa yang penting bagi anak karena:

  • Manusia dilahirkan dengan 100 neuron yang membawa pesan/komunikasi dalam setiap aktivitasnya. Neuron ini berkembang lebih dari 20% bila dirangsang dengan pendidikan dan pengetahuan.
  • 50% kecerdasan manusia berkembang pada usia empat tahun. 80% terjadi dalam 8 tahun. Dan diyakini mencapai puncaknya dalam 18 tahun.
  • Saatnya mengenal sosialisasi (sekolah, kelompok), bereksplorasi, bermain, meniru, dan berkreasi.

Pada titik ini, perkembangan otak terjadi secara keseluruhan pada keempat bagian otak, termasuk setiap belahan otak. Belahan otak ini akan menyimpan berbagai kemampuan anak di belahan otak kanan dan kiri.

  • Otak kiri berhubungan dengan tangan kanan, kaki, dan tubuh. Otak kiri mengontrol aktivitas yang teratur, berurutan, terperinci dan sistematis. Misalnya membaca, menulis, berhitung.
  • Otak kanan berhubungan dengan tangan kiri, kaki, dan tubuh. Otak kanan mengontrol aktivitas divergen (memperluas). Seperti imajinasi, ide, kreativitas, emosi, musik, intuisi, abstraksi, kebebasan dan simultanitas.
Baca Juga:  6 Config FF APK Terbaru (Skin Bundle + Free Diamond) 2021

Jika Anda menginginkan anak dengan kecerdasan ganda, latih tangan, kaki, mata, telinga kanan, dan telinga kiri Anda sesering mungkin setiap hari. Secara khusus, hingga usia 3 tahun, otak kanan dan kirinya berkembang secara optimal.

Tahapan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun

Tahapan perkembangan kemampuan bayi usia 1 sampai 3 tahun adalah sebagai berikut.

  • pada usia 13-15 bulan
    Balita antara 13 dan 15 bulan sudah tertarik pada fotografi dan mengambil mainan mereka dan mengobrol. Mereka mampu meniru aktivitas orang-orang di sekitarnya yang dilihatnya.
  • pada usia 16-18 bulan
    Balita antara 16 dan 15 bulan dapat mengucapkan lebih banyak kata. Anda juga dapat menemukan mainan tersembunyi dan memahami fungsi benda.
  • pada usia 19-24 bulan
    Balita usia 19-24 bulan sudah memahami konsep sederhana bentuk benda seperti segitiga dan bujur sangkar. Mereka juga dapat menyebutkan nama mereka dan mengucapkan satu kalimat.
  • 2-3 tahun
    Balita berusia 2 hingga 3 tahun dapat menyesuaikan bentuk, membuat balok, dan terhubung. Mereka juga bisa berpakaian sendiri dan semakin mengerti apa yang dikatakan orang lain.

Hal di atas harus diiklankan untuk tujuan pembelajaran awal dan bukan untuk anak usia sekolah. Namun yang dibutuhkan disini adalah pemberian stimulasi.

Stimulasi yang paling efektif selama masa bayi ini adalah senam otak ringan. Bahkan di usia ini, peran ibu sangat menentukan kecerdasan anak. Stimulus/stimulus bersifat kompleks tetapi harus diberikan secara ringan. Mulai dari rangsangan verbal hingga rangsangan taktil.

Keintiman orang tua dengan anak memberi mereka rasa aman dan percaya diri. Keyakinan mempengaruhi aspek perkembangan lainnya di kemudian hari.

Salam bahagia.

Lihat juga:

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Pelajari tentang Zaman Keemasan atau Perkembangan Anak

Dari Situs Fikrirasy ID

Sumber : https://psyline.id/golden-age/