Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan penurunan COVID-19 terbesar.

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Informasi dan Komunikasi (Kominfo) Johnny G. Plate mengumumkan Indonesia masuk dalam daftar lima negara dengan penurunan kasus COVID-19 tertinggi dan dapat bertahan di sana dalam jangka waktu yang memuaskan. .

Ia berharap kasus COVID-19 tetap dapat ditanggulangi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin patuh masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru.

“Indonesia berhasil masuk ke lima negara dengan penurunan jumlah kasus COVID-19 yang signifikan dan bertahan lama. Kami berdiri berdampingan dengan empat negara: India, Filipina, Iran, dan Jepang,” katanya.

Johnny mengklaim Indonesia mampu menurunkan kasus hingga 99,3% dari puncaknya dan mempertahankannya selama 130 hari, atau sekitar tiga bulan.

Hingga 27 November 2021, jumlah kasus yang dikonfirmasi di Indonesia mencapai 2.564, jauh lebih rendah dari level terendah sebelumnya 26.126.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Indonesia sebagai negara hijau dengan tingkat penularan kurang dari 2%,” kata Johnny.

Tentunya situasi ini merupakan hasil dari kinerja Indonesia yang baik dan upaya semua pihak yang melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Bahkan hal-hal sederhana, upaya individu berkontribusi untuk mengurangi kasus dan mencegah penularan. Dengan inisiasi kegiatan, kesadaran kolektif dan upaya pengendalian diri masyarakat untuk mengatasi wabah harus terus diperkuat,” katanya.

Keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini membuktikan bahwa tindakan yang dilakukan pemerintah sudah tepat.

Dimulai dengan penerapan PPKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat), 3T (Pengujian, Pelacakan, dan Perawatan), untuk terus mendisiplinkan protokol kesehatan tanpa henti untuk mempercepat vaksinasi.

“Keberhasilan ini kita anggap menggembirakan, tapi jangan sampai diabaikan. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki masa libur panjang Natal dan Tahun Baru yang berpotensi meningkatkan mobilitas. Tanpa protokol kesehatan yang ketat, ada risiko lonjakan kasus yang tinggi,” katanya.

Baca Juga:  Fakta Terbaru Varian Omicron, Resistensi Vaksin Lebih Banyak?

Reporter: Libya Christianti
Editor: Ida Nurkayani
HAK CIPTA © Antara 2021

Terimakasih Ya sudah membaca artikel Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan penurunan COVID-19 terbesar.

Dari Situs Fikrirasy ID