Tips Belajar Yang Efektif dan Menyenangkan

Tips Belajar Yang Efektif dan Menyenangkan

fikrirasy.id – Tips Belajar Yang Efektif dan Menyenangkan.Sampai sekarang, siswa dan siswa Indonesia menghadapi situasi di tengah wabah pandemi virus Corona. Semua pihak telah diminta untuk belajar dari rumah. Sekolah dan perguruan tinggi menerapkan pembelajaran dari jarak jauh atau online. Tugas yang diberikan oleh guru atau dosen juga dilakukan secara online menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia.

Namun, kegiatan belajar dari rumah tidak sepenuhnya mudah. Belajar di rumah penuh dengan tantangan, seperti tergoda karena berbaring, menonton televisi, dan lainnya.

Tips berikut ini membuat suasana belajar dari rumah masih menyenangkan sehingga Anda dapat tetap fokus

1. Tempat Belajar yang Nyaman

Banyak dari kita memilih untuk belajar sambil berbaring di tempat tidur. Menurunkan kasur nyaman. Tapi ingatlah hanya nyaman untuk istirahat. Belajar sambil berbaring di tempat tidur dapat membuat tubuh Anda sakit dan konsentrasi Anda tersebar. Anda juga bisa tertidur sambil belajar sambil berbaring. Pilih kursi untuk dipelajari. Cobalah duduk untuk memiliki punggung dan busa yang nyaman untuk duduk. Selain itu, berikan meja yang posisinya tidak terlalu rendah dan tinggi dari posisi duduk Anda.

2. Peralatan belajar

Jika Anda terbiasa meminjam alat untuk belajar dari teman, sekarang siapkan alatnya sendiri. Alat yang mendukung pembelajaran dapat memudahkan Anda untuk belajar. Jangan biarkan alat untuk mengetahui bahwa Anda tidak memperhatikan sehingga Anda dapat mengganggu Anda saat belajar.

3. Koneksi Internet

Untuk mempersiapkan semua materi pembelajaran Anda, hal lain yang harus dipertimbangkan ketika belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memudahkan Anda untuk tetap terhubung dengan guru dan dosen saat belajar dari rumah. Anda tidak perlu menginstal jaringan internet di rumah Anda. Anda dapat menggunakan jaringan internet melalui ponsel Anda.

Baca Juga:  Download Gratis Drakor Id Apk Versi Terbaru (Pro)

4. Menyediakan makanan ringan

Kegiatan belajar pasti akan membuat energi dikeringkan. Meskipun secara fisik tidak banyak bergerak, tetapi belajar menguras energi karena berpikir. Untuk menjaga semangat dan tidak lelah saat belajar, berikan camilan yang cukup. Siapkan makanan ringan seperti kacang – kacangan, buah – buahan, dan makanan ringan lainnya.

5. Simpan objek yang membuat Anda kurang fokus

Belajar di rumah pasti tidak akan luput dari gangguan yang membuat Anda kurang fokus. Gangguan dapat berasal dari televisi, mainan, atau smartphone. Rumah itu sebenarnya adalah tempat untuk tenang dan beristirahat, sehingga Anda dapat mengganggu Anda untuk fokus pada pembelajaran. Saat ini, kurangi akses ke kegiatan yang dapat mengganggu Anda belajar di rumah.

6. Pencahayaan maksimum

Sehingga mata dan kepala Anda tidak pusing, perhatikan pencahayaan di tempat belajar Anda. Jangan biarkan kamar Anda minimal pencahayaan karena dapat membuat mata Anda rusak dan kepala Anda pusing. Selain itu, belajar di tempat yang redup atau gelap akan membuat Anda malas. Mata Anda akan bekerja keras untuk dilihat sehingga seiring waktu itu akan membuat mata Anda lelah dengan cepat dan mengantuk lebih cepat.

7. Tentukan waktu

Cara pertama untuk belajar di rumah adalah Anda harus menentukan waktu atau membuat jadwal yang mirip dengan di sekolah. Tidak perlu persis sama, sungguh. Misalnya dengan menerapkan waktu belajar pada 08.00 hingga 13.00. Kemudian, selama 5 jam belajar, bagikan berapa lama lamanya pembelajaran untuk subjek yang berbeda dan jangan lupa untuk beristirahat.