Tahapan Kegiatan Metode Statistik Untuk Bisnis

Tahapan Kegiatan Metode Statistik Untuk Bisnis

fikrirasy.id – Tahapan Kegiatan Metode Statistik Untuk Bisnis. dibagi menjadi lima bagian termasuk pengumpulan data, persiapan data, pengumuman data, analisis data, dan interpretasi data terakhir.

Agar lebih jelas, mari kita tinjau satu per satu tentang tahapan aktivitas metode Staistik ini.

Tahapan Kegiatan Metode Statistik Ekonomi dan Bisnis

Berikut ini adalah lima bagian dalam metode statistik, mari kita baca!

Mengumpulkan Data

Tahap pertama yang harus Anda perhatikan dalam metode statistik adalah pengumpulan data. Ada 2 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan data, yaitu dengan cara sensus dan sampel.

Metode Sensus

Aktivitas sensus ini adalah kegiatan yang digunakan untuk mengumpulkan data tetapi harus masuk ke lapangan untuk bertemu langsung dengan objek penelitian. Secara khusus cara sensus ini adalah cara yang lebih efektif karena dengan cara ini semua objek dapat direkam

Cara sampel

Yang kedua adalah sampel. Metode sampel dalam mengumpulkan data ini masih umum. Karena hanya sebagian kecil yang dicatat dalam kumpulan objek penelitian.

Sederhananya metode sampel hanya mencatat sampel hanya ke objek yang akan diperiksa. Jadi tidak semua objek melakukan penelitian.

Mengkompilasi data

Jika Anda telah melakukan pengumpulan data, maka hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menyusun data.

Aktivitas menyusun data ini bertujuan untuk membantu seseorang yang akan membaca data agar lebih mudah dipahami. Biasanya aktivitas persiapan data ini juga disajikan dalam tabel Bentul, grafik dan diagram.

Baca Juga:  FF Max Apk Download 2021 Grafis 3D Mantap! Gratis

Ada 3 tahap dalam proses menyiapkan data, antara lain: pengeditan, klasifikasi dan tabulasi data.

Mengumumkan data

Langkah selanjutnya jika Anda telah mengumpulkan dan menyusun data, langkah selanjutnya adalah mengumumkan data.

Kegiatan pengumuman data ini memiliki tujuan sehingga orang umumnya dapat mengetahui apa yang terjadi dari proses analisis statistik yang telah dilakukan.

Menganalisis data

Setelah semuanya disusun dan siap. Maka data perlu dianalisis bersama. Aktivitas ini sehingga data memiliki hasil yang baik dan akurat.

Kegiatan analisis data ini menjadi bagian penting dari tahap metode statistik perusahaan dan lembaga.

Menafsirkan data

Setelah menganalisis dan ternyata semuanya baik -baik saja. Maka langkah selanjutnya adalah menafsirkan data. Ini agar seseorang bisa mendapatkan kesimpulan dari data.

Akhir kata

Itulah tahapan kegiatan metode statistik yang harus Anda ketahui. Sehingga kegiatan analisis Anda memberikan hasil terbaik dan dapat diterima oleh komunitas yang lebih luas dengan baik.