Ini Dia, Tips & Trik Menjadi Peternak Kambing yang Berhasil dan Sukses

Ini Dia, Tips & Trik Menjadi Peternak Kambing yang Berhasil dan Sukses

fikrirasy.id – Ini Dia, Tips & Trik Menjadi Peternak Kambing yang Berhasil dan Sukses. Pahami cara merawat kambing yang baik dan benar, kesuksesan yang dijamin dan menguntungkan!

Kambing, adalah mamalia empat liga yang merupakan hewan biak.
Sapi ini telah dipelihara oleh manusia selama sekitar 9000 tahun, dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan susu, daging, kulit, dan bulu.

Di dunia ini ada sekitar 300 jenis kambing, dengan populasi pada 2011 hingga 924 juta!
Data ini diambil dari Organisasi Pangan dan Pertanian PBB!

Membahas kambing, itu bisa terbiasa dengan keberadaannya. Karena di Indonesia juga ada banyak peternak kambing yang hidup terlepas dari pengetahuan tentang pengalaman pribadi.

Dapat dikatakan bahwa memelihara kambing itu mudah dan sulit, selain membutuhkan kesabaran juga membutuhkan perhatian khusus dalam berbagai bentuk perawatan!

Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa tips tentang cara merawat kambing yang baik untuk mendapatkan hasil tertinggi.

Bagi mereka yang tertarik untuk mencoba meningkatkan kambing, perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini!

Tips dan trik untuk meningkatkan kambing yang bagus :

1. Siapkan kandang

Saat memelihara kambing, tentu saja, itu membutuhkan tempat yang memadai bagi kambing untuk hidup dan berlindung.
Pena kambing yang baik adalah kandang yang memiliki sirkulasi udara lunak dan memiliki tingkat yang lebih tinggi daripada tanah di sekitar kandang, sehingga kambing tidak berada di satu tempat dengan tanahnya, karena jika kambing berada di tempat dengan bumi. Jadikan kambing kotor dan rentan terhadap penyakit kulit.

2. Pilih Benih Kambing

Sebelum memutuskan untuk memelihara kambing, perlu untuk memahami kambing yang baik dan sehat dan kambing apa yang ingin dipertahankan.
Selain itu, tujuan memelihara kambing juga harus jelas, untuk sapi, susu atau untuk mengambil bulu, karena antara penggumpalan dan piesusu mereka memiliki jenis yang berbeda.

Tetapi meskipun memiliki pria yang berbeda, kami memiliki trik yang sama untuk memilih kambing yang baik dan sehat. Artinya, perhatikan karakteristik fisik kambing yang tidak rusak, masih muda dan produktif dan tidak memiliki penyakit kulit.

Anda dapat memeriksa kambing yang sehat atau tidak mengamati aktivitas kambing, lemak atau kambing tipis dan juga menyentuh beberapa bagian tubuh kambing, seperti lambung, area dekat susu (wanita) dan juga leher. Jika tidak ada penyakit kulit dan kambing aktif, dapat dikatakan bahwa itu sehat.

Baca Juga:  DLS 2021 Mod Apk Unlimited Coins dan Gems Download Gratis

3. Perhatikan makanan dan minuman kambing

Setelah memilih kambing yang sehat dan memiliki kandang yang baik dan nyaman untuk kambing kita, kita tidak boleh melupakan salah satu hal terpenting untuk memelihara kambing. Artinya, berikan makanan dan minuman untuk kambing kami!

Untuk memberi makan kambing, Anda dapat menyediakan ramuan, daun pohon besar, daun singkong atau makanan olahan bubur singkong. Untuk makanan bubur singkong, kita harus memastikan bahwa bubur itu tidak terlalu lembab karena dapat membuat kambing mati karena keracunan pati singkong.

Sedangkan untuk minum, Anda dapat menyediakan air minum yang cukup dengan menambahkan sedikit garam terlarut!

4. Pastikan waktu untuk menjual dan membeli kambing

Untuk peternak kambing, tentu saja, mereka harus memahami waktu yang tepat untuk membeli dan menjual kambing.
Secara pribadi, saya memilih untuk membeli kambing muda untuk dibesarkan dan dijual setelah seekor kambing besar dan mahal.
Salah satu tips lain dapat membeli kambing hamil penduduk atau peternak lain yang mendekati periode pengiriman, untuk mendapatkan gain yang lebih cepat, yaitu keuntungan kambing.

Ketika harga kambing di pasar murah, ini adalah waktu yang paling tepat untuk membeli kambing, sambil menjual kambing pada saat Idul Fitri masih merupakan waktu yang tepat untuk menjual kambing, karena selama periode pengorbanan ini dari harga Kambing, biasanya naik!

5. Manfaatkan kotoran kambing

Selain daging, susu, bulu atau kulit, kotoran kagat kuga dapat digunakan baik oleh peternak sendiri, atau dijual kepada mereka yang membutuhkannya.
Biasanya, untuk kambing pupuk digunakan oleh petani untuk membuahi tanaman yang ditanam di kebun atau ladang kambing.
Tetapi jika dijual, pupuk kambing kambing ini diperkirakan 50.000 kg.

Cukup mudah untuk tidak menjadi peternak kambing?
Mungkin mengangkatnya dari kambing hanya cocok di tempat -tempat tertentu yang mendukung kami untuk menjaga kambing.
Tentu saja, untuk daerah perkotaan, pemuliaan kambing juga sulit, karena tempat minimal, sulit untuk membersihkan kambing dan mengganggu tetangga yang berlokasi di dekat yang lain!

Tetapi bagi mereka yang masih tinggal di desa, Anda dapat mencoba kesempatan untuk menjadi peternak kambing.