5 Tips Menjadi Peneliti Muda yang Tangguh – Student Zone

Fikrirasy.ID – Hai sobat Zona. Di mana Fikrirasy.ID calon peneliti muda? Menjadi seorang peneliti sebenarnya tidak ada batasan usia atau jenjang. Namun yang terpenting adalah mereka memiliki semangat yang tinggi, semangat yang kuat dan keuletan.

Tapi itu masih belum cukup. Karena ada beberapa hal penting untuk menjadi peneliti muda. Ada yang ingin Anda ketahui? Nah, simak ulasan Mimin di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Tips Aneh Menghafal Topik, Benar-Benar Berhasil!

Mulailah dengan survei sederhana

LIPI kembangkan Badak dan Parasit Daun Ketepeng sebagai vaksin virus corona
Ilustrasi penelitian (Foto: Kompas)

Mulailah penelitian Anda dengan cara yang paling sederhana, paling ringan dan paling mudah sebagai tahap awal bagi seorang peneliti muda. Misalnya, mengamati dan menganalisis fenomena di sekitar sebuah hunian merupakan sesuatu yang menarik untuk dikaji lebih lanjut.

Penelitian pada dasarnya adalah metode observasi atau penyelidikan. Tujuannya adalah untuk menemukan jawaban atas masalah yang muncul. penemuan atau menciptakan melalui prosedur yang sesuai

penemuan Ini adalah penemuan yang benar-benar ada, tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya. Di samping itu, menciptakan Penemuan hasil penelitian yang belum pernah ada atau baru ditemukan.

harus rajin

Laporan Laba Rugi - Pengertian, Jenis, Fungsi, Format dan Cara Membuat Laporan Laba Rugi - KabarUang
Contoh penulisan laporan (Foto: Kabar Uang)

Untuk menjadi peneliti muda, buat catatan atau buku harian kapal. Namun seringkali mereka mengabaikannya dan hanya mengandalkan ingatan. Padahal, sebagai peneliti, Anda tidak wajib mencatat.

Namun, yang perlu Anda ketahui adalah buku harian kapal Diperlukan untuk laporan kerja atau kemajuan kegiatan. Ini biasanya menjadikannya alat yang penting ketika mengevaluasi karya seperti makalah.

Selain rajin mencatat, peneliti mudah harus jujur ​​dalam menulis, melaporkan, dan menyelenggarakan kegiatan di lapangan. datanya juga Betulkah Dan itu tidak bisa dimanipulasi.

Saya ingin menyesuaikan diri dengan masyarakat.

BPEP DAS Departemen Pengamatan Keanekaragaman Hayati Kehutanan RI - Hutan Pendidikan Gunung Walat
Ilustrasi Pengamatan (Foto: Hutan Pendidikan Gunung Walat)

Menjadi peneliti muda tentu akan mengecewakan jika tidak bisa berinteraksi atau bersosialisasi dengan berbagai kelas sosial. Selain mempermudah pengumpulan data, Anda juga bisa menambahkan relasi.

Bahkan peneliti muda harus terbuka untuk siapa saja tanpa pandang bulu. Melakukannya akan memungkinkan Anda untuk bertukar informasi dengan Zone Buddies.

Hal ini sangat penting dilakukan pada saat melakukan observasi lapangan, agar data yang diperoleh benar-benar baik dan lengkap. Namun, jangan berharap bisa mendapatkan mata kuliah terkait karena sulit berkomunikasi dengan masyarakat atau lingkungan sekitar.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Karya Tulis Ilmiah Anda Melalui Jurnal Internasional Bergaya Mahasiswa Oxford

Jadilah peneliti yang gigih

Pemerintah Nilai Kurangnya Audit Penelitian Mahasiswa - ANTARA News Gorontalo
Ilustrasi penelitian (Foto: Antara)

Selain itu, untuk menjadi peneliti muda tentunya harus gigih. Hal ini dikarenakan penelitian membutuhkan waktu yang lama dan bisa memakan waktu beberapa tahun. Jadi, jika Anda tidak tekun, tetapi tekun dan tekun, pasti hasilnya tidak akan maksimal. Lebih buruk lagi, penelitian itu gagal.

Baca Juga:  Tutorial Cara Membuat Google Form (Lengkap)

Orang yang gigih tidak mudah menyerah bahkan dalam kegagalan dan tidak tenggelam. Dia akan bangun dengan cepat dan mencoba lagi. Karena tidak ada garis lurus yang mengatasnamakan perjuangan.

Jadi tingkatkan pengalaman Anda di lapangan dan hadapi semua tantangan di dalam dan di luar. Maka Anda harus memiliki keyakinan bahwa Anda akan mampu mengatasi masalah apa pun yang mungkin menghadang Anda, betapapun sulitnya itu.

bermanfaat bagi orang lain

Wanita Peneliti Muda Hebat Ditemukan - Tribunnews.com Mobile
Ilustrasi penelitian (Foto: Tribun)

Di antara semua hal yang disebutkan Mimin tadi, cara menjadi peneliti muda adalah menjadi orang yang mau membantu orang lain. Penelitian tidak hanya membantu kita mengetahui hasil akhirnya, tetapi secara tidak langsung menguntungkan banyak pihak.

Penelitian yang Anda lakukan dapat mengarah pada penemuan, inovasi, atau solusi baru untuk masalah. Misalnya, ada populasi yang tiba-tiba terserang penyakit X. Anehnya, mereka tidak mengetahui asal muasal wabah tersebut.

Sementara itu, sains memiliki beberapa faktor yang menyebabkannya. Kemudian, untuk menentukan penyebab penyakit X, peneliti turun tangan membantu mencari dan mencari solusinya.

5 Tips Menjadi Peneliti Muda yang Kuat

Sekian ulasan mimin tentang beberapa tips menjadi peneliti muda yang tangguh. Bagaimana tertarik untuk mencoba? Berpikir positif.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Zone Buddy. Tetap up to date dengan siswa Anda dan dunia pengajaran dan jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi. Sampai jumpa lagi.

BACA JUGA: 5 Tips Memiliki Mindset Mahasiswa Kuat, Nomor 5 Paling Penting!

Terimakasih Ya sudah membaca artikel 5 Tips Menjadi Peneliti Muda yang Tangguh – Student Zone

Dari Situs Fikrirasy ID