Baidu Luncurkan Aplikasi Metaverse, Tanah Harapan

Fikrirasy.ID – Raksasa internet China Baidu meluncurkan aplikasi metaverse bernama Xirang atau Tanah Harapan pada Senin (27 Desember 2021). Peluncuran ini bertepatan dengan konferensi pengembang tahunan perusahaan.

Dalam konferensi tiga hari ini, para peserta dapat berpartisipasi melalui metaverse Shirang yang diluncurkan oleh Baidu. Aplikasi ini dapat menampung hingga 100.000 peserta online dan hampir 100 pembicara dari seluruh dunia.

Baidu Metaverse Platform menciptakan planet virtual dalam bentuk strip Mobius. Peserta bisa masuk dalam bentuk avatar. Tetapi peserta tidak memerlukan kacamata realitas virtual seperti perusahaan induk Facebook Metaverse untuk menikmati dunia digital.

Di dalam Xirang, peserta dapat melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan pengguna lain menggunakan komputer, ponsel, dan perangkat yang dapat dikenakan.

Baca juga:
Ikuti tren teknologi, cara membeli tanah di Metaverse

Kompetisi Metaverse, yang menarik perhatian ketika Meta memperkenalkan Horizon World pada 9 Desember, semakin bersinar dengan munculnya Shirang atau Tanah Harapan. Horizon World hanya tersedia di AS dan Kanada.

Di Cina, beberapa perusahaan, termasuk perusahaan game NeaEase dan Tencent, saingan Baidu, sedang mengembangkan metaverse.

Tencent mengumumkan pada akhir pekan bahwa mereka akan meluncurkan TMELAND, yang diklaim sebagai festival musik virtual di China. Karnaval virtual akan dimulai pada 31 Desember.

Sementara itu, Alibaba yang terkenal di sektor e-commerce, meluncurkan divisi barunya, Yuanjing Shengsheng, pada 6 Desember lalu, yang bertujuan untuk menggarap sektor metaverse gaming. [Global Times]

Baca Juga:  Cara membuat situs web gratis untuk penggunaan bisnis dan pribadi

Baca juga:
Boeing mempersiapkan pesawat di dunia metaverse



Terimakasih Ya sudah membaca artikel Baidu Luncurkan Aplikasi Metaverse, Tanah Harapan

Dari Situs Fikrirasy ID