7 Penyebab Laptop Cepat Panas, Perlu diperhatikan

7 Penyebab Laptop Cepat Panas, Perlu diperhatikan

fikrirasy.id – 7 Penyebab Laptop Cepat Panas, Perlu diperhatikan. Ada tujuh penyebab laptop overheat dan ini jarang disadari oleh pengguna. Laptop yang mudah panas biasanya akan mengganggu kinerja penggunanya.

Hal ini dikarenakan laptop yang mudah panas biasanya akan mempengaruhi kinerja dari laptop itu sendiri. Seperti laptop, mudah melambat.

Padahal dalam urusan bisnis, dibutuhkan laptop dengan performa yang baik.

berikut penjelasannya :

1. Kipas rusak

Salah satu alasan utama mengapa laptop Anda mudah panas bisa terjadi karena kipas laptop yang rusak. Kipas angin pada laptop berfungsi untuk mendinginkan mesin.

Jika kipas rusak maka panas tidak akan keluar dari mesin karena sirkulasi yang buruk. Dengan demikian laptop yang Anda gunakan akan mudah panas dan memperlambat kinerjanya.

2. Laptop kotor

Menjaga laptop tetap bersih bisa menjadi salah satu penyebab laptop mudah panas. Laptop yang jarang dibersihkan biasanya banyak debu atau kotoran yang menempel pada komponen di bagian dalamnya.

3. Sering meletakkan laptop di atas bantal atau kasur

Banyak orang sering menggunakan laptop dan meletakkannya di kasur atau bantal. Padahal kedua benda tersebut membuat sirkulasi udara pada laptop menjadi tidak stabil. Karena kasur atau bantal cenderung menaikkan suhu sehingga komponen di dalam laptop terpengaruh.

4. Laptop dipakai berjam-jam

Menggunakan laptop berjam-jam tidak disarankan. Namun Anda juga harus mengistirahatkan laptop Anda. Karena jika laptop digunakan secara berlebihan dapat membuat komponennya menjadi panas dan berdampak pada kerusakan hardware.

Baca Juga:  Pemerintah Turki Buka Beasiswa S1-S3, Cara Mendaftar Dan Langkah-Langkahnya Seperti Di Bawah Ini :

5. Sering digunakan di ruangan berdebu

Penggunaan laptop di ruangan berdebu dan ventilasi tersumbat bisa menjadi salah satu penyebab laptop Anda kotor dan ada penumpukan debu di bagian dalam laptop.

Hal ini tentu tidak baik karena debu dapat menyumbat ventilasi pendingin laptop Anda. Jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat memicu laptop Anda mudah panas.

6. Thermal Pasta kering

Thermal paste atau gel yang dipasang pada prosesor merupakan bagian yang paling cepat panas. Benda ini memiliki fungsi untuk meredam panas pada prosesor. Jika gel ini mengering, laptop akan cepat panas.

7. Lokasi penggunaan

Pastikan Anda menggunakan laptop di tempat yang teduh. Karena jika Anda menggunakan laptop di tempat yang panas, seperti di dekat jendela, dapat memicu suhu panas pada komponen laptop.

Demikian pembahasan tujuh penyebab laptop overheat, semoga bermanfaat.