7 Cara Untuk Mengatasi Masalah pada Wireless Mouse

fikrirasy.id – 7 Cara Untuk Mengatasi Masalah pada Wireless Mouse. Mouse jarak jauh atau remote mouse adalah salah satu tambahan PC yang paling disukai banyak orang. Alasannya adalah bahwa kekurangan tautan membuat mouse jarak jauh lebih nyaman untuk digunakan dan memuaskan selera. Namun, remote mouse juga tidak terlepas dari masalah lain.

Ada beberapa masalah yang cenderung terjadi dengan mouse jarak jauh, misalnya,

  • Mouse tidak dikenali oleh PC.
  • Pointer bergerak secara sporadis.
  • Tidak menjawab perkembangan.
  • Mouse berhenti bekerja setelah waktu tujuan tertentu.

Jika ini terjadi, ada alasan kuat untuk bereaksi berlebihan karena ini sering dapat disembuhkan dengan perbaikan sederhana. Berikut adalah metode sederhana untuk memperbaiki mouse jarak jauh yang tidak berfungsi.

7 Cara Untuk Mengatasi Masalah pada Wireless Mouse

1. Ganti baterai

Mouse jarak jauh mengharapkan baterai berfungsi normal. Hal ini dikarenakan baterai memberikan kemampuan pada mouse untuk berkomunikasi dengan PC.

Jika mouse jarak jauh Anda tidak dapat dikenali oleh PC, periksa dengan asumsi baterai masih bagus dan terpasang dengan benar. Baterai lemah, dilepaskan, atau tidak diperkenalkan seperti yang diharapkan sehingga mouse jarak jauh tidak dapat berfungsi seperti yang diharapkan. Dengan memperkenalkan baterai lain, banyak masalah mouse jarak jauh dapat diatasi.

2. Pastikan sakelar berada di posisi Nyala

Sebagian besar, mouse jarak jauh memiliki sakelar di bagian bawah yang dapat Anda matikan untuk menghemat baterai saat tidak digunakan. Saat Anda akan menggunakan mouse, Anda harus memindahkan perubahan dari Off ke On dan pastikan lampu LED menyala.

Jika mouse jarak jauh Anda tidak dikenali oleh PC, periksa dua kali bagaimana sakelar itu berada. Dengan asumsi posisi sakelar diatur ke On namun mouse belum teridentifikasi, geser tombol ke Off dan kemudian geser kembali ke On.

3. Lepas dongle, lalu pasang kembali

Mouse jarak jauh memerlukan dongle USB kecil yang dihubungkan ke port yang dapat diakses di PC atau PC. Untuk menyiapkan mouse untuk digunakan, dongle USB ini harus terhubung dengan benar ke port pada PC.

Baca Juga:  Gempa tengah malam mengguncang Kaimana dan Sorong di Papua Barat

Jika dongle terhubung namun mouse tidak berfungsi, pindahkan dongle ke port USB alternatif. Karena, jika Anda mencolokkannya ke port USB yang rusak, mouse tidak akan dikenali.

4. Ganti alas mouse

Beberapa tikus tidak akan bekerja seperti yang diharapkan jika diletakkan di permukaan yang sangat cerdas, terutama di atas meja kaca. Jadi, pertimbangkan baik-baik basis apa yang Anda gunakan untuk meletakkan remote mouse.

Anda mungkin memerlukan alas mouse atau permukaan lain yang tidak memperlambat aktivitas unit. Bagaimanapun, pertama-tama pastikan dongle terhubung ke port USB dan sakelar telah dipindahkan ke posisi Nyala.

5. Perhatikan petunjuk instalasi

Terkadang, mouse jarak jauh membutuhkan kemampuan luar biasa untuk menggunakannya. Selanjutnya, kita benar-benar tidak boleh mengabaikan petunjuk yang disertakan dengan pembelian, karena, jika ada langkah yang terlewatkan, itu dapat menjadi masalah dan menyebabkan mouse rusak.

Beberapa mouse jarak jauh harus dicocokkan dengan PC menggunakan proses “antarmuka”. Ini mungkin cukup mendasar seperti menekan tombol pada penerima atau menjalankan beberapa ketukan konsol yang memberlakukan asosiasi dengan mouse.

6. Coba wireless mouse ke komputer lain

Jika mouse jarak jauh tidak berfungsi, coba cocokkan di PC lain. Ini akan memberikan data apakah masalahnya terletak pada PC atau mouse.

Jika mouse jarak jauh dapat digunakan di PC lain, itu berarti mouse berfungsi dengan baik dan masalahnya terletak pada PC sebelumnya. Jika masalah serupa terjadi pada PC berikutnya, mouse jarak jauh mungkin rusak.

7. Nyalakan ulang komputer

Reboot dasar dalam banyak kasus merupakan perangkat investigasi reguler untuk PC yang berbeda. Ini dapat mengatasi banyak masalah, dan berpotensi menimbulkan masalah dengan mouse jarak jauh.

Ada banyak alasan mengapa reboot memperbaiki masalah, tetapi yang utama adalah karena reboot menghidupkan kembali setiap koneksi, administrasi, dan tugas yang terbuka.

Jumlah latihan yang berjalan di PC dapat membuat aplikasi macet. Selanjutnya, me-reboot pada umumnya memperbaiki masalah.

Sejauh yang diketahui, setidaknya satu tahap di atas dapat mengatasi masalah dengan mouse jarak jauh. Bagaimanapun, jika teknik di atas tidak mengatasi masalah, Anda mungkin harus membuat langkah lain, misalnya, benar-benar melihat driver atau membeli mouse jarak jauh lainnya.