Kenali 4 Akibat Buruk Telat Ganti Oli Mobil dan Motor

Kenali 4 Akibat Buruk Telat Ganti Oli Mobil dan Motor

fikrirasy.id – Kenali 4 Akibat Buruk Telat Ganti Oli Mobil dan Motor. Akibat ganti oli mobil dan sepeda motor yang terlambat dapat merusak mesin kendaraan Anda. Kerusakan mesin dapat memiliki ekor panjang pada efek buruk lainnya.

Minyak adalah komponen yang tidak dapat dipisahkan dari kendaraan bermotor. Fungsinya adalah sebagai pelumas, pendingin, pelindung, dan pembersih mesin. Karena fungsi vital ini, Anda harus mengganti oli pada sepeda motor atau mobil Anda secara teratur.

Jadi, apa hasil dari ganti oli mobil dan sepeda motor yang terlambat? Lihat penjelasan berikut.

1. Asap putih keluar dari knalpot

Salah satu hasilnya adalah pelepasan asap putih dari knalpot karena blok silinder dan piston pada mesin mengalami baret. Ini bisa terjadi karena minyak lama tidak diganti volume akan menyusut dan kualitasnya buruk.

Kurangnya minyak ini membuat piston dan blok silinder saling bergesekan untuk menyebabkan baret. Beter inilah yang akan menyebabkan minyak memasuki ruang pembakaran dan membuat asap putih.

2. Mesin akan dengan cepat terlalu panas

Oli memiliki peran sebagai penyerap panas di mesin kendaraan bermotor, baik sepeda motor dan mobil. Jika tidak mengganti oli terlalu lama, volume oli dapat dikurangi dan mesin dapat mengalami panas berlebih atau panas berlebih.

Jika mesin terlalu panas terlalu lama, itu akan menyebabkan kepala silinder menjadi kurva. Jika kepala silinder melengkung, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

3. Boros Bahan Bakar

Jika kualitas oli menurun, maka tarikan mesin kendaraan bermotor Anda akan menjadi lebih berat. Kondisi ini akan berdampak pada mesin pembakaran yang akan bekerja lebih keras. Sehingga kendaraan Anda akan lebih boros bahan bakar.

4. Komponen mesin tidak akan bertahan lama

Jika Anda sering terlambat untuk penggantian oli, komponen mesin kendaraan Anda akan rusak lebih cepat. Ini akan berdampak pada kenyamanan mengemudi dan juga biaya pemeliharaan komponen yang jatuh lebih mahal.

Karena itu, Anda harus secara rutin mengganti oli kendaraan Anda sehingga mesin tahan lama dan biaya yang dikeluarkan tidak begitu mahal.