6 Tips Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Mesin Tetap Sangat Baik

6 Tips Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Mesin Tetap Sangat Baik

fikrirasy.id – 6 Tips Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Mesin Tetap Sangat Baik. Mobil bekas sangat baik bagi banyak orang dengan harga tinggi mobil baru. Membeli mobil bekas membutuhkan pandangan jauh ke depan agar tidak membuat kerugian di masa depan. Yang paling penting adalah bahwa mobil bekas harus dirawat secara teratur sehingga mesin tetap sangat baik.

Bagi Anda yang berencana membeli mobil bekas, Anda tentu harus mengurus kondisi mesin secara rutin.

Berikut adalah tips untuk merawat mesin mobil bekas untuk tetap sangat baik, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengganti oli secara rutin

Hal pertama yang penting untuk menjaga mesin mobil bekas tetap menjadi yang utama adalah mengganti oli secara rutin. Fungsi oli sebagai pelumas komponen mesin dan mencegah karat.

Untuk mengetahui kapan harus memeriksa minyak, Anda dapat memeriksa jarak mobil. Dianjurkan untuk mengganti oli saat mencapai 10.000 km. Untuk penggunaan mobil yang biasanya, jarak tempuh biasanya setara dengan digunakan selama enam bulan.

2. Bersihkan karburator secara rutin

Selain itu, Anda juga harus secara rutin membersihkan karburator pada komponen mesin. Anda dapat membersihkannya menggunakan sikat gigi atau meminta bantuan dari bengkel untuk mendapatkan perawatan karburator yang lebih profesional.

3. Secara rutin ganti air radiator

Sama seperti minyak, jutaan air radiator harus diganti secara rutin. Karena seiring dengan penggunaan mobil, air radiator dapat kehilangan kandungan anti-beku dan anti korosi.

Baca Juga:  Tips Mengemudi Biar Selalu Tenang dan Tidak Emosian di Jalan

Sama seperti minyak, air radiator juga perlu diganti secara teratur. Karena jika tidak, mesin akan mengalami kepanasan saat digunakan. Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab radiator bocor atau rusak.

Mengganti air radiator dilakukan setiap mobil menempuh jarak 20.000 km atau ketika cairannya keruh.

4. Pertahankan kebersihan interior dan eksterior mobil

Meskipun mobil digunakan, tetapi Anda harus mempertahankan kenyamanan area di dalam mobil secara rutin membersihkan interior dan bagian luar mobil. Cuci mobil setidaknya dua kali seminggu. Jangan lupa untuk secara teratur mengganti penyegar udara mobil dan juga merawat kursi. Dengan begitu mobil akan terasa baru.

5. Periksa secara rutin kondisi AC

Periksa rutin kondisi AC dapat membuat mobil memiliki pendingin yang lebih berfungsi. Anda melakukan ini dengan secara rutin membersihkan kondensor AC, menjaga kebersihan kabin mobil, dan selalu membersihkan filter AC. Gunakan AC dengan cara yang benar yang tidak menyala saat kaca terbuka.

6. Ubah Timing Belt

Anda juga harus secara teratur mengganti timing belt. Timing belt ini adalah komponen yang memiliki peran penting karena jika rusak mobil akan mati total. Biasanya timing belt memiliki masa pakai untuk 50.000 – 80.000 km. Jadi, jika mobil yang Anda gunakan telah memasukkan nomor, maka segera ganti waktu sabuk mobil dengan yang baru. Untuk mengetahui Anda dapat memeriksa dengan lebih banyak lokakarya profesional.

Itulah tips untuk merawat mesin mobil bekas untuk tetap sangat baik. Mungkin berguna.