11 Gurun Terluas di Dunia, Gurun Sahara Posisi ke Berapa?

fikrirasy.id – 11 Gurun Terluas di Dunia, Gurun Sahara Posisi ke Berapa?. Sejumlah padang tandus menyabet gelar gurun terluas di global. Tak main-main, luasnya sanggup mencapai hampir 14 juta km².
Meski identik bersama padang pasir, lebih dari satu gurun juga tersedia yang dipenuhi bersama dengan salju. Kira-Kira, gurun terluas di global ini berlokasi di mana saja, ya? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

Gurun terluas

11 Gurun Terluas di Dunia, Gurun Sahara Posisi ke Berapa

1. Gurun Antartika

gurun Antartika dinobatkan sebagai gurun terluas di global bersama dengan keseluruhan wilayah 13.829.430 km². Layaknya namanya, gurun ini terletak di Benua Antartika.
Tandusnya hamparan salju ini disebabkan oleh minimnya pasokan air. Walaupun masih tersedia curah hujan year di pesisir pantai, air segera berubah menjadi butiran es. Hal ini pula yang memicu Gurun Antartika sebagai gurun terdingin, terkering, dan juga paling berangin.

2. Gurun Arktik

gurun kutub terluas lainnya adalah Gurun Arktik. Tak heran kalau padang ini miliki luas 13.726.937 km². Lokasinya meliputi Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Swedia, dan Norwegia.

3. Gurun Sahara

gurun Sahara rupanya menempati posisi ketiga sebagai gurun terluas di global. Hamparan pasir ini terletak di Benua Afrika bagian utara, meliputi negara Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Maroko, Mauritania, Niger, Sahara Barat, Sudan, dan Tunisia.
Bersama dengan luas 9.100.000 km², Gurun Sahara jadi 25Prosen bagian Benua Afrika. Julukan gurun ini apalagi jadi tidak benar satu potongan lirik lagu “Parasit” yang dinyanyikan oleh Gita Gutawa,&Nbsp;Lho! Pernahkah anda mendengarnya?

4. Gurun Arabia

gurun Arabia atau biasa disebut juga bersama dengan Gurun Arab berada di wilayah Semenanjung Arab. Keseluruhan luasnya adalah 2.330.000 km². Bagian terluas gurun ini bernama Rub’Al Khali, bersama dengan luas tempat kurang lebih 650.000 km².

5. Gurun Gobi

nama “Gobi” berasal berasal dari bahasa Mongolia yang vital benar-benar besar dan kering. Gurun yang terletak di Tiongkok dan Mongolia ini memang terhitung ke didalam didalam gurun terluas di global, bersama keseluruhan daerah 1.300.000 km².
Gurun musim dingin yang satu ini jadi lokasi favorit para arkeolog sebab tak terhitung terdapat fosil dinosaurus yang bersejarah. Padang yang didominasi bebatuan gundul ini terkenal bersama dengan suhu ekstremnya, yaitu -40 derajat Celcius waktu dingin dan 45 derajat Celcius pas panas.

6. Gurun Kalahari

Baca Juga:  Waterpark Kyai Masni Ciperna, Tempat Wisata Keluarga Seru di Cirebon

gurun terluas di global yang juga terdapat di Benua Afrika, tepatnya di Afrika Selatan, Botswana, dan Namibia adalah Gurun Kalahari. Meski kering, rumput masih dapat tumbuh di padang seluas 900.000 km² sesudah hujan turun.
Oleh dikarenakan tersebut, terdapat suatu penangkaran fauna bernama The Central Kalahari Game Reserve (Ckgr). Di sana, terdapat beraneka satwa, layaknya hyena cokelat, singa, meerkat, jerapah, babi hutan, jackal, dan spesies lainnya.

7. Gurun Patagonia

gurun Patagonia merupakan gurun terluas di global yang jadi tempat tinggal bagi rubah, llama, dan armadillo. Bersama luas wilayah 670.000 km², lebih dari satu besar gurun akan tertutup salju pas musim dingin tiba. Gurun yang terletak di Argentina ini dipenuhi oleh semak-semak berbatu dan berduri.

8. Gurun Great Victoria

benua Australia punyai bentang alam yang memadai berbagai, gurun keliru satunya. Gurun Great Victoria yang terletak di Australia Barat lebih-lebih dinobatkan sebagai top 11 gurun terbesar di global bersama luas wilayah mencapai 647.000 km².
Sebutan gurun ini diambil berasal dari sebutan ratu Inggris, Ratu Victoria. Sebutan ini diberikan oleh penemunya, penjelajah asal Inggris bernama Ernest Giles, terhadap 1875. Waktu ini, tempat Gurun Great Victoria dihuni oleh para rakyat orisinil. Kesibukan di sana meliputi pertambangan dan uji coba nuklir.

9. Gurun Suriah

gurun Suriah menghampar seluas 520.000 km² di wilayah Suriah, Irak, Yordania, dan Arab Saudi. Bagian selatan gurun ini berbatasan segera bersama Gurun Arab. Sejumlah satwa hidup di tempat ini, layaknya hamster Suriah, bangau, kuntul, ular, kalajengking, rusa, serigala, dan masih segudang ulang.

10. Gurun Great Basin

gurun Great Basin tersedia di posisi kesepuluh gurun terluas di global. Luasnya yang mencapai: 492.000 km² meliputi wilayah Sierra Nevada dan pegunungan Wasatch. Gurun ini juga miliki taman nasional dan rentan pada cuaca ekstrem.

11. Gurun Taklamakan

posisi kesebelas gurun terluas di global ditempati oleh Gurun Taklamakan yang terletak di barat kekuatan Provinsi Xinjiang, Tiongkok. Gurun seluas 337,000 km² ini berbatasan bersama dengan sejumlah gunung. Lebih-lebih, bagian timurnya berbatasan segera bersama Gurun Gobi.
Serupa halnya bersama dengan Gurun Gobi, cuaca di Gurun Taklamakan cenderung ekstrem, bersama suhu terendah -20 derajat Celcius dan suhu tertinggi 40 derajat Celcius. Tempat ini punya air yang sedikit.
Kecuali punyai kesempatan untuk mampir, apakah anda tertarik untuk berlibur ke tidak benar satu gurun di atas, Bela?