Mengenal 5 Penyebab Kurang Tidur di Malam Hari

Mengenal 5 Penyebab Kurang Tidur di Malam Hari

fikrirasy.id – Mengenal 5 Penyebab Kurang Tidur di Malam Hari. Penting untuk mengenali penyebab insomnia di malam hari sehingga ini tidak terjadi berlarut – larut. Karena, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan tidur terpenuhi, sehingga tubuh Anda tetap cocok dan menghindari berbagai penyakit.

Tidur adalah kondisi yang menyulitkan seseorang untuk mulai tidur, bangun beberapa kali saat tidur, atau tidak bisa tidur kembali setelah bangun dari tidur. Kondisi ini tidak hanya akan mengganggu aktivitas pada hari berikutnya, tetapi juga memicu berbagai penyakit.

Menyebabkan insomnia di malam hari

Ada berbagai penyebab insomnia di malam hari, mulai dari gangguan tidur, kebiasaan tidur yang buruk, penyakit tertentu. Namun, ada beberapa hal yang juga sering menjadi penyebab insomnia tetapi tidak disadari, yaitu:

1. Minum minuman berkafein sebelum tidur

Konsumsi minuman berkafein, seperti kopi dan teh, setidaknya 6 jam sebelum tidur dapat menyebabkan Anda kesulitan tidur. Ini karena kafein dapat menghambat pekerjaan adenosin, yang merupakan senyawa aktif di otak yang memicu kantuk.

2. Makan sebelum tidur

Kebiasaan makan yang hampir tidur juga bisa menjadi penyebab insomnia di malam hari. Ini dapat terjadi karena ketika makan, tubuh akan melepaskan insulin hormon untuk memproses makanan menjadi energi.

Proses ini dapat membuat ritme sirkadian atau siklus tidur terganggu dan membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

3. Mainkan gadget sebelum tidur

Tanpa disadari, kebiasaan bermain gadget sebelum tidur dapat menyulitkan Anda untuk tidur, meskipun lampu ruang cahaya telah berkurang. Ini karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengurangi produksi hormon melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan dapat merangsang fungsi kognitif yang pada akhirnya membuat tubuh bangun dan menjadi insomnia.

Baca Juga:  Dinas Pariwisata Sumbar mengelola acara yang diusulkan oleh 19 kota Kabupaten.

4. Stres

Penyebab insomnia di malam berikutnya adalah stres. Stres dapat mempengaruhi durasi dan kualitas tidur karena kondisi ini dapat membuat kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat.

Efeknya, detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang sehingga tubuh menjadi tidak rileks dan tidur menjadi sulit.

5. Kurangnya paparan sinar matahari

Meskipun kedengarannya tidak masuk akal, paparan paparan sinar matahari yang lebih sedikit bisa menjadi penyebab insomnia di malam hari. Bahkan, paparan sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan siklus tidur dan membuat tubuh terjaga sepanjang hari. Efeknya, ketika malam jatuh, tubuh akan terasa ‘perlu tidur’.

Selain beberapa hal di atas, insomnia juga dapat disebabkan oleh hal – hal lain, seperti kamar tidur yang kurang nyaman, hanya bepergian jarak jauh dengan zona waktu yang berbeda, dengan efek konsumsi obat – obatan tertentu seperti metilphenidate.

Beberapa masalah medis seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan saraf, GERD, kanker, juga sering menyebabkan penderita mengalami insomnia.

Pentingnya mengatasi keluhan insomnia di malam hari

Penyebab insomnia di malam hari diperlukan bagi Anda untuk mengetahui bahwa keluhan ini dapat segera diobati. Meskipun terlihat sepele, insomnia dapat membuat Anda tidak cukup tidur dan kualitas. Efeknya, tubuh akan terasa lemah, mudah tidur, dan sulit untuk berkonsentrasi pada hari berikutnya.

Tidak hanya itu, dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat membahayakan kesehatan karena dapat mengurangi kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit serius, seperti penyakit kardiovaskular.

Untuk mengatasi insomnia di malam hari, Anda disarankan untuk mengubah kebiasaan yang menyebabkan keluhan insomnia muncul. Misalnya, jika Anda terbiasa minum kopi di sore hari, Anda harus minum kopi hanya di pagi hari atau jauh sebelum tidur tiba.