Makan enak lagi dengan 7 tips cegah sariawan!

  • Share

Bayangkan Anda sedang makan bersama seorang teman di sebuah restoran mewah. Makanan dan minuman yang kami pesan semuanya terlihat menggoda. ini! Tidak sabar untuk mencicipi semuanya. Segera setelah Anda mulai makan, Anda tiba-tiba merasakan sensasi terbakar di mulut Anda. Akibatnya, waktu makan menjadi terganggu. Ah! Ini semua tentang sariawan yang mengganggu itu!

Kita semua pernah mengalami stomatitis di lidah, dinding mulut, dan bibir. berdasarkan dokter alodokter, stomatitis dapat disebabkan oleh gigitan atau iritasi, serta infeksi virus atau jamur. Kondisi tertentu, seperti penyakit autoimun, perubahan hormonal, kekurangan nutrisi, dan faktor genetik juga menyebabkan stomatitis. status ini dalam bahasa inggris karat.

Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/fashion-people-woman-coffee-6193197/

Baca juga: Berikut adalah 10 minuman sehat untuk menjaga Anda tetap bugar.


Tentu saja sariawan sangat mengganggu ketika kita terlalu rajin masuk ke dalam mulut. Tentunya selain mengganggu, tidak baik jika kondisi ini terus berlanjut. Ada banyak cara dan tips mencegah sariawan yang bisa Anda ikuti. Beberapa tindakan pencegahan ini ada hubungannya dengan hal-hal sepele seperti menyikat gigi dan makan jenis makanan tertentu. Yuk simak 7 tips mencegah stomatitis pada Bob!

1. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut

Tips pertama berkaitan dengan menyikat gigi. Jelas, memilih sikat gigi yang salah dapat menyebabkan stomatitis. Alasan dikutip di drstevennghim.com, bulu lembut tidak mengiritasi mulut seperti bulu kasar. Dengan kata lain, bulu sikat gigi lebih lembut daripada sikat gigi. akrab Itu membuat mulut karena tidak mudah menyebabkan iritasi.

Baca Juga:  Adu Mendoan Rp 100 ribu dan Rp 2 ribu, viral restaurant dengan pelayanan yang buruk
Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/dawn-people-woman-girl-8762973/

Selain tips mencegah sariawan tersebut, hindari menyikat area stomatitis. Seperti disebutkan sebelumnya, sariawan dapat dipicu oleh iritasi. Menyeka area sariawan sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak iritasi. Alih-alih sembuh dengan cepat, stomatitis Anda akan terasa lebih menyakitkan. Semakin sulit untuk makan!


Baca juga: Hindari kebiasaan yang merusak gigi agar mulut lebih sehat


2. Hindari pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate

Ini masih terkait dengan kebiasaan menyikat gigi Anda, jadi Anda harus mencoba tips ini untuk mencegah sariawan. Sodium Lauryl Sulfate, atau SLS, adalah bahan dalam banyak deterjen. Tapi menurut Zendium, Bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit, termasuk di mulut. Bagi orang yang sering mengalami stomatitis, SLS juga membuatnya lebih sering.

Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-a-wooden-toothbrush-with-a-toothpaste-8842623/

Natrium lauril sulfat juga dapat mempengaruhi rasa. Bahan-bahan tersebut dapat mengubah rasa yang dirasakan oleh lidah. Menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung SLS akan mengubah rasa beberapa makanan dan minuman. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari pasta gigi yang mengandung SLS agar tidak terasa aneh.

3. Pakai lilin gigi

Sariawan bukanlah pertama kalinya Anda memiliki atau menggunakan kawat gigi. Ya, kabel dan sudut mengurung Tepi yang tajam dapat mengiritasi mulut. Akibatnya, stomatitis muncul dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Pakai kawat gigi saja sudah sakit dan susah makan. Selain itu, apakah Anda memiliki sariawan? Aduh! Ini sangat menyakitkan!

Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-gray-tank-top-laughing-3812740/

Sebagai tip pencegahan stomatitis untuk orang dengan kawat gigi, Anda dapat menggunakan: lilin gigi. dilaporkan dalam Kalibrasi lem, lilin gigi bahan serupa lilin mudah untuk mengambil dan melampirkan mengurung. pemanasan lilin Sebelum menempel, tangan pertama. untuk menghindari gesekan mengurung Ke dalam mulut.


Baca juga: Cari tahu apa itu Invisalign dan bagaimana cara kerjanya pada gigi Anda!


4. Jangan banyak bicara saat makan

Salah satu etika saat makan makanan adalah tidak berbicara saat mengunyah makanan. Kebiasaan ini tidak hanya kasar, tetapi juga dapat menyebabkan stomatitis. dilaporkan dalam Berita Medis hari ini, Jika Anda berbicara sambil makan, Anda mungkin tidak sengaja menggigit dinding mulut atau lidah Anda. Akibatnya, cedera, peradangan, dan infeksi dapat terjadi di lokasi gigitan.

Baca Juga:  Dingin! Di acara MTV Awards, topeng Lady Gaga ternyata karya desainer Indonesia - Fikrirasy.ID TV
Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/man-and-woman-have-breakfast-4045928/

Infeksi dan cedera ini dapat menyebabkan stomatitis. Tentu akan merepotkan jika mengalami sariawan bukan? Stomatitis juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mengunyah yang buruk atau kebiasaan mengunyah dengan cepat. Jadi, kunyahlah makanan dengan baik dan jangan terburu-buru saat makan. Jangan bergosip atau berbicara terlalu banyak saat makan. Etika makan baik untuk kesehatan, bukan?

5. Batasi makanan yang mengiritasi mulut Anda

Jenis makanan yang Anda makan juga dapat menyebabkan stomatitis. Buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk dan stroberi, dapat membantu mencegah stomatitis, katanya. Tetapi berhati-hatilah. Alasan dikutip di Pusat Gigi Valley Ridge, buah asam, terutama buah jeruk, dapat menyebabkan stomatitis. Nanas dan stroberi sama-sama buah dengan keasaman tinggi yang berbahaya.

Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/assorted-sliced-fruits-1128678/

Buah-buahan asam serta kacang-kacangan dapat menyebabkan stomatitis karena kandungan asam amino L-arginin. Makanan pedas dapat merusak atau mengiritasi dinding dan bagian mulut lainnya. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah bahwa bahkan cokelat dapat menyebabkan stomatitis! Mulut kita sangat sensitif terhadap kandungan orbromida coklat. ini! Tips mencegah sariawan memang agak sulit. Betul sekali.

6. Kontrol Stres

Siapa bilang penyebab stomatitis selalu bersifat fisik? Kondisi mental juga dapat menyebabkan stomatitis. berdasarkan Delta Gigi, stres adalah salah satu penyebab utama stomatitis. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan korelasi yang signifikan antara stomatitis dan gejala depresi. Kesehatan mental mempengaruhi segalanya. Betul sekali.

Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-in-blue-shirt-using-macbook-5908779/

Periksa tingkat stres Anda sebagai tip untuk mencegah sariawan dan menjaga kesehatan mental Anda. Hindari stresor dengan cara sebanyak mungkin. Anda juga dapat melakukan kegiatan relaksasi. Anda sebenarnya dapat mencoba yoga, meditasi, atau latihan pernapasan. Dengan demikian, kesehatan mulut dan mental tetap terjaga.

7. Makan makanan bergizi seimbang dan suplemen multivitamin

Salah satu tip terakhir untuk mencegah sariawan adalah makan makanan yang seimbang dan bergizi. Saat memilih bahan makanan, pertimbangkan juga tingkat keasaman atau potensi iritasi dari jenis makanan tersebut. Juga, jangan lupa untuk mengambil multivitamin setiap hari. Dengan nutrisi yang tepat, stomatitis tidak muncul dengan mudah.

Baca Juga:  Peluncuran IKASMAN 494 dalam bentuk bunga
Tips mencegah sariawan
Sumber: https://www.pexels.com/photo/happy-ethnic-woman-at-street-cafe-table-with-tasty-lunch-7242737/

Anda juga bisa memilih makanan lunak. dilaporkan dalam kesehatan yang sangat baik, Sup panas, smoothie, kentang tumbuk, yoghurt, pasta bisa jadi pilihan. Buah-buahan berair seperti semangka, melon, dan persik juga melembabkan dan menyegarkan mulut Anda. Anda juga bisa berkumur dengan air hangat setelah makan.

bagaimana? Berikut 7 tips mencegah sariawan yang bisa Anda coba dari Bob. Beberapa tips mungkin agak sulit untuk dicoba. Terutama dalam memilih jenis makanan. Namun, jika Anda membatasi dan mengontrol asupan makanan yang mengiritasi, Anda tidak akan mudah terkena stomatitis. Kendalikan stres Anda dan jangan lupa banyak istirahat. OKE!

Liburan Jangan Gunakan Stres di Fikrirasy.ID!

Nikmati liburan anti paku keling tanpa harus keluar rumah. anggaran besar! ke kotak bobo, teknologi yang dihadirkan terintegrasi dengan aplikasi mobile. Jadi akses POLONG, sesuaikan pencahayaan, berinteraksi dengan staf, semuanya dapat dilakukan melalui ponsel Anda. Juga, Fikrirasy.ID adalah POLONG Kamar yang luas dengan kasur yang nyaman. Liburan yang unik dan seru dijamin!

Fasilitas yang tersedia di Fikrirasy.ID antara lain: sepen, kamar mandi bersama, tempat umum, mesin penjual otomatis, dan ruang sholat. Koneksi Wi-Fi juga tersedia dapat diandalkan Ini sangat bagus untuk bekerja, maraton Netflix atau YouTube. jangan lupa Unduh aplikasi Fikrirasy.ID Di ponsel Anda, ya! Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk perangkat Apple dan Android. Ayo. Unduh aplikasi!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *