5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba

5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba

fikrirasy.id – 5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba. Berbagai spesialisasi kuliner Indonesia adalah salah satu atraksi masing – masing kota. Seperti kuliner yang terbuat dari tahu yang sangat lezat.

Tahu, makanan yang berasal dari biji kedelai tidak perlu diragukan. Anda dapat menikmati tahu kuliner sebagai camilan atau diproses menjadi makanan berat yang tidak kalah enak.

Di Indonesia, ada berbagai jenis tahu, mulai dari tahu putih, tahu kuning, tahu pong, dan sebagainya. Beberapa daerah di Indonesia banyak yang membuat tahu sebagai bahan utama dalam menu, karena rasanya enak.

Telur tahu atau Tahu Tek

5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba

Kuliner Java Timur yang khas ini umumnya dikenal sebagai telur atau tahu Tek-Tek. Menilai dari bahan ke proses pembuatan yang sama hanyalah perbedaannya adalah bahwa jika Anda tahu telur, tahu yang telah dimasak dan dipotong menjadi potongan – potongan kecil (dadu) digoreng lagi dengan telur. Sedangkan Tofu Tek tidak digoreng lagi dengan telur. Nikmati dengan potongan – potongan kue nasi, kecambah kacang, mentimun, dan potongan pelengkap lainnya. Lagipula siap, langkah terakhir adalah menyirami saus kacang di atasnya. Dalam rempah – rempah saus kacang yang membedakan umumnya menggunakan campuran petis di dalamnya. Sehingga kesan lezat, manis menjadi rasa dominan yang meleleh saat bertengger di lidah. Jangan lupa juga kerupuk sebagai penambah kesenangan hidangan tahu telur. Lezat.

Fakta Menarik Munculnya nama “Tek” karena pada masanya banyak penjual makanan yang menjajakannya dengan berkeliling membawa gerobak dorong. Kemudian sering membuat suara teknologi … SEK … dari gunting yang digunakan untuk memotong bahan, atau kadang – kadang sengaja diatur di sisi gerobak.

Tahu Campur

5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba

Kuliner khas Lamongan, Java Timur lainnya memiliki tahu campuran, yang pengisiannya sangat lengkap dan dijamin penuh dengan hanya satu porsi. Tahu atau tidak dalam sepiring tahu campuran, ada sapi, kue singkong, tauge, mie kuning, selada, dan tentu saja bahan utamanya adalah tahu goreng. Hampir sama dengan kuliner dari tahu Java timur khas lainnya, yang menggunakan rempah – rempah pasta sebagai saus percikan. Belum lagi penambahan kerupuk udang, saus cabai, dan bawang goreng. Wow, saya tidak membayangkan betapa lezatnya itu akan memakan tahu campuran ini.

Tahu acar

5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba

Tidak hanya Jawa Timur yang memiliki kuliner khas dengan bahan – bahan olahan dari Tahu, Solo, Jawa Tengah juga memiliki ini, yaitu Tofu acar. Tidak hanya Kupat Tofu, Tofu yang terkenal, juga memiliki karakteristiknya sendiri. Sebenarnya keduanya hampir sama dalam presentasi, hanya saus atau percikan yang dibedakan. Jika Anda tahu lebih banyak bertekstur tebal, jika Anda tahu acar lebih berair (berair). Tanpa tahu yang tidak kalah lezat terdiri dari tahu goreng tentu saja, lalu mit kuning, tauge, kol, tomat, kacang goreng, lada rawit yang diiris, dan jangan lupa mentimun acar. Saus dari mentimun Ancar ini akan memberikan rasa asam dan menyegarkan pada makanan. Di beberapa tempat ada orang – orang yang menambahkan gula Jawa ke dalam campuran sehingga rasa yang dihasilkan sangat beragam. Manis, asam, lezat, dan pedas semuanya berpadu dalam satu hidangan.

Baca Juga:  Makanan Khas Sumatera yang Bikin Lidah makin Bergoyang

Tahu Gejrot

5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba

Jika yang ini biasanya dimakan sebagai camilan oleh orang Indonesia. Spesialisasi kuliner Cirebon, Jawa Barat adalah makanan yang hanya menjadikan Tofu satu – satunya bahan utama. Sebelum menyajikan tahu harus dalam kondisi yang dimasak terlebih dahulu, kemudian dipotong dalam beberapa bagian dan disiram dengan saus khasnya, yang merupakan campuran cabai yang ditarik atau dimuruskan dengan bawang putih, bawang, gula, dan sedikit garam. Uniknya, gejrot umum disajikan menggunakan ukuran kecil, lalu memakannya dengan gigi. Camilan yang biasanya ditemukan di mana saja, bahkan di kota – kota besar telah ditemukan.

Tahu Gimbal

5 Kuliner Olahan Tahu , Yang Harus Kamu Coba

Sebelumnya dari Central Java ada acar, sementara yang satu ini memiliki gimbal. Kuliner berikut dari Semarang ada gimbal atau umumnya dikenal sebagai udang goreng tepung. Dilengkapi dengan tahu yang tepat, kol mentah, kecambah kacang, telur, dan juga kue beras. Bumbu juga unik, yang merupakan saus kacang dengan campuran pasta udang. Anda dapat membayangkan bagaimana rasanya enak dengan campuran gimbal gurih.