Ini Dia 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Ini Dia 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

fikrirasy.id – Ini Dia 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri. Ada berbagai cara untuk menangani sakit kepala kiri, mulai dari relaksasi hingga kompres menggunakan air dingin. Meskipun umumnya dapat menghilang dengan sendirinya, sakit kepala kiri yang sering terjadi atau muncul tiba – tiba dapat mengganggu aktivitas sehari – hari dan perlu diatasi segera.

Seperti namanya, sakit kepala kiri ditandai oleh rasa sakit yang terjadi di sisi kiri kepala. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang tidur, terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol, stres, dan pola makan yang tidak teratur.

Mengingat kondisi ini dapat terjadi secara tiba – tiba, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai cara untuk menangani sakit kepala kiri.

Bagaimana menangani sakit kepala kiri
Pengobatan untuk sakit kepala kiri perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Namun, untuk mengurangi gejala yang muncul, Anda dapat mencoba beberapa cara sederhana berikut di rumah:

1. Tidur Cukup

Cara paling sederhana untuk mengatasi sakit kepala kiri adalah dengan beristirahat dan bertemu tidur. Ini karena kurang tidur dapat memicu dan memperburuk sakit kepala.

Oleh karena itu, waktu tidur yang cukup adalah setidaknya 7-9 jam setiap hari untuk mengurangi risiko sakit kepala kiri dan meringankan kondisi ini.

2. Menggunakan kompres panas atau dingin

Kompres panas atau dingin juga dapat menghilangkan rasa sakit di kepala, baik di sebelah kiri atau kanan. Bagaimana melakukan ini cukup mudah, Anda hanya perlu merendam handuk dalam wadah yang diisi dengan air dingin atau panas. Setelah meremas, letakkan handuk di kepala yang sakit selama 15-20 menit.

Baca Juga:  Dari mulut ke mulut! Seto Mulyadi Ungkap Hanya Presiden Indonesia yang Tak Sebut Dirinya 'Adik'

3. Rendam atau mandi air hangat

Mandi hangat juga bisa menjadi cara untuk menangani sakit kepala kiri. Ini karena mandi atau berendam dengan air hangat dapat menghilangkan ketegangan otot kepala, sehingga sakit kepala yang dirasakan dapat dikurangi.

4. Memenuhi asupan cairan tubuh

Dehidrasi adalah salah satu pemicu untuk terjadinya sakit kepala kiri. Untuk mengatasi dan menghindari ini, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum setidaknya 2 liter air atau 8 gelas setiap hari.

5. Lakukan teknik relaksasi

Sakit kepala kiri yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh stres. Namun, teknik relaksasi dapat menjadi pilihan untuk mengendalikan stres sehingga sakit kepala dapat mereda.

Beberapa pilihan teknik relaksasi yang mudah dilakukan di mana saja, seperti meditasi, latihan pernapasan, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

6. Berolahraga secara teratur

Tidak hanya menenangkan pikiran, berolahraga secara teratur juga dapat mengurangi stres yang sering menjadi pemicu sakit kepala kiri. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur Anda.