Vitamin B12: Fungsi, Sumber Makanan, dan Risiko Defisiensinya

fikrirasy.id – Vitamin B12: Fungsi, Sumber Makanan, dan Risiko Defisiensinya. Vitamin sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Diperkirakan ada 30 jenis vitamin dan kurangnya satu atau lebih zat ini dapat membuat tubuh mudah lelah dan rentan terhadap penyakit.

A, C, A D Mereka adalah beberapa vitamin yang lebih sering kita dengar. Namun, tahukah Anda bahwa ada jenis vitamin lain yang harus dipertimbangkan? Ini adalah vitamin B12 atau kobalamine.

Nah, apa itu vitamin B12? Apa yang terjadi pada tubuh jika kita kekurangan zat ini? Lihatlah terjemahannya sampai akhir, ya!

1. Fungsi vitamin B12

Vitamin B12 disimpan di hati dalam jumlah besar. Halaman manual MSD mengatakan bahwa jika tubuh tidak mengkonsumsi sumber makanan kaya di zat ini, tingkat vitamin dalam tubuh akan habis dalam 3 hingga 5 tahun.

Diinformasikan oleh May Clinic, Vitamin B12 memiliki fungsi untuk tubuh, yaitu ::

  • Formasi Sel Darah Merah
  • Metabolisme seluler
  • Kesehatan saraf, seperti membantu proses penyembuhan untuk pasien dengan cedera otak
  • Sintesis DNA dan menjaga struktur kromosom stabil

Vitamin B12 juga memainkan peran penting dalam deskripsi protein homocysteine. Protein ini adalah asam amino dalam darah, jika kadarnya terlalu tinggi akan menyebabkan penyakit jantung, gumpalan darah dan gangguan fungsi pembuluh darah.

2. Cara mengetahui kadar vitamin B12 di dalam tubuh

Jumlah darah lengkap dan vitamin B12 dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jumlah dalam tubuh normal atau tidak. Kadar vitamin B12 yang terlalu rendah menyebabkan gangguan neurologis, sedangkan jika terlalu tinggi, kita memiliki potensi untuk mendapatkan leukemia, diabetes dan gangguan hati.

Mengutip berita medis hari ini, dikatakan bahwa seseorang memiliki tingkat vitamin B12 yang rendah ketika hasil tes menunjukkan nilai kurang dari 200 pg/ml. Sementara itu, jika hasil tes menunjukkan nilai lebih dari 900 pg/ml, orang tersebut memiliki tingkat vitamin B12 yang tinggi.

3. Sumber makanan yang kaya akan vitamin B12

Halaman NHS.UK mengatakan bahwa setiap orang dewasa dari 19 hingga 64 membutuhkan 1,5 mikrogram vitamin B12 per hari. Sumber vitamin B12 dapat diperoleh melalui asupan nutrisi dan konsumsi suplemen. Berikut adalah daftar makanan yang kaya akan vitamin B12:

  • Daging
  • Ikan
  • Telur, susu dan keju
  • Susu kedelai atau susu beras yang diberikan nutrisi tambahan
  • Produk sereal yang dibentengi
  • Ragi yang dibentengi
Baca Juga:  3 Jenis Serangan Jantung, Gejala, dan Penanganan

Ada beberapa kelompok yang memiliki potensi untuk memiliki kadar vitamin B12 yang rendah. Mereka umumnya memiliki kondisi seperti:

  • Vegan dan vegetarian
  • Orang tua
  • Anak-anak
  • Diabetes
  • Penyakit celiac dan crohn
  • Ibu yang sedang menyusui
  • Saya baru saja menerima operasi operasi bypass
  • Minum obat seperti kloramfenikol

Bagi mereka yang memiliki kondisi seperti di atas, mereka dapat mengonsumsi suplemen vitamin B12. Dikutip oleh Healthline, dosis vitamin B12 untuk orang 14 tahun atau lebih adalah 2,4 mikrogram.

4. Tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin B12

Mengacu pada klinik Cleveland, tanda -tanda kurangnya vitamin B12 seseorang meliputi:

  • Merasa lelah dengan cepat
  • Mengalami mual, muntah atau diare
  • Tidak merasa lapar
  • Kulit kuning
  • Mengurangi berat badan
  • Luka di mulut atau lidah
  • Gangguan mental seperti suram dan cepat marah

Perlu diingat bahwa gejala -gejala ini muncul secara bertahap dan mungkin menjadi lebih buruk jika tidak segera. Lalu, ada juga orang -orang yang tidak merasakan atau menunjukkan gejala apa pun, jadi kami didorong untuk melakukan analisis darah rutin setiap tahun.

5. Penyakit yang disebabkan oleh defisiensi vitamin B12

Kurangnya vitamin B12 dalam jumlah yang signifikan akan mengakibatkan seseorang yang terpapar anemia pernicious. Gejala penyakit ini hampir sama dengan tanda -tanda seseorang yang tidak memiliki vitamin B12.

Mengutip halaman obat John Hopkins, metode pengobatan anemia pernicious sesuai dengan usia, riwayat medis pasien, betapa kronisnya menderita penyakit dan pendapat pasien. Namun, pasien pada umumnya akan menerima suntikan dari vitamin B12 dan pil yang mengandung asam folat.

Selain makan makanan yang kaya vitamin B12, pasien juga disarankan untuk makan makanan yang mengandung asam folat seperti jeruk, selada dan bayam. Anemia karena kurangnya vitamin B12, yang kemudian tidak akan mengakibatkan masalah jantung, misalnya, stroke dan serangan jantung.

Menurut informasi sebelumnya, kita dapat menyimpulkan bahwa tes darah rutin sangat penting untuk mendeteksi kekurangan vitamin pada tubuh. Sumber vitamin B12 dapat diperoleh melalui makanan laut, daging dan telur.

Suplemen vitamin B12 tidak wajib kecuali mereka memiliki kondisi tertentu seperti diabetes atau yang baru saja melakukan operasi derivasi. Jika Anda memiliki gejala yang menyebabkan anemia, tidak ada kerusakan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan arahan.