Mengenal Detoks Dopamin dan Bagaimana Cara Melakukannya

fikrirasy.id – Mengenal Detoks Dopamin dan Bagaimana Cara Melakukannya. Dalam kehidupan sehari -hari, ada banyak hal sederhana yang dapat menyebabkan kesenangan, seperti menonton produk di pasar, bermain game, menonton video lucu yang sering sering terjadi di Instagram. Namun, Anda tahu tanpa menyadari, jenis kesenangan kecil ini dapat menyebabkan kecanduan?

Ya, melakukan sesuatu yang menyebabkan kesenangan dapat terus menyebabkan penampilan perilaku kompulsif dan/atau impulsif yang sulit dikendalikan. Jika demikian, umumnya dampak yang sangat mungkin dirasakan adalah penurunan produktivitas.

Penampilan perasaan senang tidak dapat dipisahkan dari kertas dari hormon dopamin. Meskipun efeknya tampaknya positif, pada kenyataannya, otak yang menghasilkan dopamin terus menerus tidak baik untuk kesehatan.

Nah, jika seseorang telah mengalami kecanduan, dopamin dopamin atau puasa dopamin dapat menjadi cara untuk mengatasi ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang dopamin detoksifikasi, lihat ulasan berikut.

1. Mengapa dopamin bisa menyebabkan kecanduan?

Dopamin adalah neurotransmitter yang memiliki peran penting dalam pengaruh emosi manusia, termasuk gerakan, perasaan senang, konsentrasi, dan rasa sakit. Kadar dopamin dapat dengan mudah berkurang dan meningkat, dengan atau tanpa stimulan.

Ada banyak stimulan yang dapat memicu bahwa otak melepaskan dopamin, sehingga sensasi yang menyenangkan muncul. Beberapa contoh pemicu adalah pemberitahuan di jejaring sosial, permainan, pesan bolak -balik, memeriksa ponsel, mengumpulkan barang, membeli secara online dan menerima paket.

Sebaliknya, stimulan yang memicu pelepasan dopamin dapat menjadi kecanduan. Ini karena dopamin yang dihasilkan akan juga mengalami penurunan sensitivitas, jadi lebih banyak upaya yang diperlukan untuk mencapai kesenangan seperti sebelumnya.

Ini dilakukan oleh otak sebagai respons terhadap memori kadar dopamin yang berlebihan.

Misalnya, jika Anda membuka aplikasi Instagram selama 5 menit, Anda dapat memberi kami 10 kesenangan, maka pada kesempatan berikutnya, kegiatan serupa hanya dapat memberikan 8 kesenangan.

Oleh karena itu, tubuh dan otak akan didorong untuk menghabiskan lebih banyak di Instagram sehingga Anda dapat mencapai kepuasan atau tingkat yang sama. Jika tidak dikendalikan, intensitas ini secara alami akan meningkat dari waktu ke waktu.

2. Apa itu detoks dopamin atau puasa dopamin?

Detoksifikasi dopamin adalah praktik yang bertujuan untuk mengendalikan perilaku kecanduan yang dapat memicu pelepasan dopamin. Praktik ini disajikan oleh Dr. Cameron Sepah, seorang ahli psikiatri klinis di University of California, Amerika Serikat.

Untuk pendaftaran, istilah dopamin detoksifikasi tidak boleh ditafsirkan secara harfiah, karena artinya akan berbeda. Fokus dari praktik ini adalah untuk mengurangi kebiasaan impulsif dan hanya fokus pada kebiasaan spesifik yang berbahaya.

Ada enam perilaku yang ditakdirkan untuk melakukan dopamin detoksifikasi, termasuk yang berikut:

  • Makan emosional atau makan berlebih ketika ditekankan.
  • Penggunaan internet dan game yang berlebihan atau menggunakan internet dan bermain game berlebih.
  • Permainan dan pembelian atau bermain perjudian dan belanja.
  • Porno dan masturbasi atau nikmati konten porno dan masturbasi.
  • Emosi dan baru mencari atau mencari berbagai hal baru.
  • Obat rekreasi atau menggunakan obat -obatan dan obat -obatan.
Baca Juga:  5 Tanda Kamu Semakin Jauh dari Dirimu Sendiri Segera Kembali!

Dengan berpuasa dari kegiatan yang memicu produksi dopamin, seseorang secara bertahap akan melepaskan dengan stimulus perilaku kompulsif.

3. Manfaat yang bisa dirasakan

Perilaku tambahan adalah sesuatu yang dapat memperburuk kondisi psikologis dan mengurangi kualitas hidup. Pikiran yang mudah didistribusikan dapat mencegah seseorang mencapai tujuan dalam hidupnya.

Sekarang, ketika melakukan dopamin detoksifikasi, orang idealnya akan memiliki kendali atas diri mereka sendiri. Pikiran yang sebelumnya terganggu akan lebih sering fokus pada apa yang sedang dilakukan, dan tidak mudah dipengaruhi oleh hal -hal yang tidak diinginkan.

Meninggalkan perilaku kecanduan menggunakan waktu dan energi untuk hal -hal yang lebih positif juga akan membuat kualitas hidup meningkat. Karena itu, kesehatan mental akan lebih terjaga.

4. Melakukan detoks dopamin berdasarkan terapi perilaku kognitif

Terapi perilaku kognitif atau terapi perilaku kognitif (TCC) adalah jenis psikoterapi yang bertujuan untuk mengubah mentalitas dan respons seseorang dari negatif ke positif. Secara umum, upaya ini adalah langkah yang tepat untuk mengatasi gangguan perilaku impulsif.

Contoh aplikasi TCC adalah teknik kontrol stimulus. Teknik ini dapat diterapkan melalui upaya berikut:

  • Jaga stimulan (misalnya, ponsel) sulit diakses. Penonaktifan data internet juga dapat dilakukan agar tidak terganggu oleh logo suara dan pemberitahuan pada ponsel.
  • Pilih kegiatan alternatif yang bertentangan dengan stimulan, misalnya, berolahraga berat saat Anda ingin menghilangkan kebiasaan makan sambil membuat stres.
  • Gunakan aplikasi yang dapat memblokir akses ke situs web sehingga tidak terus -menerus tergoda untuk membukanya.

Selain itu, ada juga saran untuk secara sadar mengekspos diri tentang emosi internal yang muncul ketika mereka merasa perlu mengulangi kebiasaan buruk. Dalam TCC, teknik ini dikenal sebagai pencegahan respons paparan (ERP).

Langkah -langkah berikut dapat diterapkan:

  • Sadarilah ketika Anda mengalami napas dan mengenali pikiran dan perasaan yang muncul pada waktu itu.
  • Berlatihlah untuk mendesak atau mengenali pengalaman yang dialami tanpa mematuhi.
  • Secara sadar, kembali ke kegiatan yang dilakukan atau harus dilakukan.
  • Seiring waktu, kebiasaan buruk akan melemah dan fleksibilitas perilaku akan muncul kembali.

5. Tips lain yang bisa diterapkan

Sebenarnya, tidak ada cara lain untuk mengatasi kecanduan yang tidak menjauh dari stimulan atau penyebab. Meskipun tidak mudah, prosesnya dapat dilakukan secara bertahap.

Sebelum melakukan detoksifikasi atau dopamin puasa, cobalah untuk mengatur skala prioritas dan tujuan yang dicapai terlebih dahulu. Kemudian, ini dapat digunakan sebagai referensi untuk proses dan hasilnya sesuai dengan apa yang direncanakan.

Untuk memulai, Anda dapat membuat aturan dan jadwal yang ketat yang harus dipatuhi. Misalnya, konfigurasikan waktu permainan ponsel untuk kesenangan hanya 15 menit selama istirahat.

Sebaliknya, Anda dapat fokus melakukan hal -hal produktif sesuai dengan skala prioritas yang telah ditentukan. Jika Anda perlu bekerja menggunakan ponsel, hapus atau nonaktifkan data internet dalam aplikasi yang mengganggu sehingga tidak mudah didistribusikan.

Lakukan ini terus -menerus selama seminggu penuh. Jika Anda telah berhasil, menekan aturan penggunaan lagi, seperti ponsel hanya boleh digunakan di malam hari selama 10 menit, dan seterusnya sampai kecanduan benar -benar dirilis.

Jika Anda merasa sulit melakukannya, jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga atau teman untuk selalu menjadi pengingat. Membangun ini kepada seorang psikolog juga merupakan pilihan yang baik untuk mendapatkan rekomendasi terapi yang lebih tepat.