Kenali Bahaya Minum Wine Untuk Kesehatan

Kenali Bahaya Minum Wine Untuk Kesehatan

fikrirasy.id – Kenali Bahaya Minum Wine Untuk Kesehatan. Bahaya minum anggur tidak akan terasa hanya dalam satu minuman. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan atau dalam jangka panjang, anggur dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan, seperti kanker dan penyakit jantung.

Anggur adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang dihasilkan dari buah-buahan tertentu dengan kandungan alkohol sekitar 12-15%.

Konsumsi anggur setidaknya 150 mL per hari, diketahui memberikan manfaat kesehatan. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan tinggi dalam anggur.

Namun, Anda masih harus menyadari bahaya minum anggur, terutama ketika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan atau bahkan kecanduan. Seiring waktu, konsumsi anggur dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti stroke, kanker, penyakit hati, kerusakan otak.

Beberapa bahaya minum anggur untuk kesehatan

Berikut ini adalah beberapa bahaya minum anggur untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan:

1. Tingkatkan risiko kanker payudara

Meskipun dikonsumsi dalam jumlah yang wajar tetapi dilakukan setiap hari, konsumsi anggur dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi minuman beralkohol setiap hari, memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali.

Selain kanker payudara, anggur juga dapat menyebabkan kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker usus besar, dan kanker hati.

2. Menyebabkan pembuluh jantung dan darah

Konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan, termasuk anggur, dapat menyebabkan gangguan dengan sistem kardiovaskular yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), stroke, dan gagal jantung.

Tidak hanya itu, mengonsumsi anggur meskipun dalam jumlah kecil juga dapat meningkatkan risiko fibrilasi atrium, yang merupakan kondisi di mana teras jantung berdetak cepat tetapi tidak dapat memompa darah secara efektif.

Baca Juga:  4 Cara Atasi Anak Pilek Akibat Cuaca Tidak Menentu

3. menghambat penyerapan folat

Folat atau vitamin B9 adalah zat yang memainkan peran penting dalam membangun DNA dan proses pembelahan sel. Namun, jika anggur dikonsumsi secara berlebihan, kandungan alkohol di dalamnya akan menghalangi penyerapan folat oleh tubuh.

Selain menghambat penyerapannya, alkohol dalam anggur juga dapat menghambat fungsi folat dalam darah dan jaringan, sehingga meningkatkan risiko kanker.

4. Tingkatkan risiko obesitas

Bahaya berikutnya minum anggur adalah menyebabkan kenaikan berat badan, sehingga meningkatkan risiko obesitas. Ini dapat terjadi jika anggur atau minuman beralkohol lainnya dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Terlepas dari anggur yang mengandung kalori tinggi, penambahan berat badan juga dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan diet yang buruk saat mengonsumsi anggur.

5. memicu gangguan sistem reproduksi

Bahaya minum anggur yang berlebihan dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria dan menghentikan menstruasi pada wanita. Selain itu, anggur dan minuman beralkohol lainnya juga dapat menyebabkan kelahiran prematur dan keguguran, jika dikonsumsi oleh wanita hamil.

Pada pria, konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan juga dapat mengurangi jumlah kadar sperma dan testosteron dalam tubuh sehingga dapat mengurangi tingkat kesuburan.

6. Tingkatkan risiko penyakit hati

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan hati bekerja lebih parah. Seiring waktu, kebiasaan ini dapat memicu kerusakan pada fungsi hati dan bahkan sirosis.

Selain beberapa masalah kesehatan di atas, bahaya minum anggur yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan mental, demensia, osteoporosis, pankreatitis, kram otot, sampai mati.