8 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Perlu Diwaspadai

fikrirasy.id – 8 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Perlu Diwaspadai. Paket -paket di pangkal paha merujuk pada kondisi penampilan pembengkakan di daerah di sekitar pangkal paha dan perut bagian bawah. Istilah pangkal paha itu sendiri memanjang dari pinggul ke daerah di sekitar vagina atau di bawah penis.

Ada banyak kemungkinan untuk paket mana yang muncul di area ini. Beberapa bisa jinak dan tidak berbahaya. Sementara itu, orang lain dapat merujuk pada kondisi yang lebih serius.

Penyebab benjolan di selangkangan

Selangkangan mengandung banyak otot, ligamen, pembuluh darah dan saraf. Jika ada paket di area ini, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Tonjolan pangkal paha biasanya mirip dengan warna kulit, tetapi mereka dapat dimasukkan merah atau ungu.

Beberapa paket pangkal paha mungkin mengalami pecah dan membentuk luka. Selain itu, paket yang muncul mungkin dalam bentuk unit atau kumpulan paket di pangkal paha. Anehnya, paket juga bisa bergerak.

Karakteristik benjolan di pangkal paha dapat menunjukkan penyebab yang berbeda. Mengidentifikasi itu dapat segera membantu perawatan dan perawatan untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.

1. Kista

Sebagian besar benjolan di pangkal paha disebabkan oleh kista. Kista itu sendiri adalah gundukan jinak di bawah permukaan kulit yang tidak kanker. Kondisi ini tidak terlalu berbahaya, tetapi harus memperhitungkan.

Ada dua jenis kista yang menyebabkan benjolan di sekitar lipatan paha dan lambung, yaitu kista epidermid dan sebaceous. Kista epidmoid mengandung zat putih yang terdiri dari protein keratin. Ini ada di kulit, rambut, dan kuku. Sebuah studi dalam publikasi Statpearl 2020 menunjukkan bahwa pria lebih berisiko mengembangkan kista epidermid.

Kista sebaceous adalah pengembangan jaringan di folikel rambut atau kelenjar keringat yang tersumbat. Kista sebaceous mengandung zat kuning, seperti minyak.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening adalah kelenjar kecil yang berperan dalam mempertahankan kekebalan. Penggunaan kelenjar ini adalah untuk memerangi infeksi bakteri, virus dan racun cairan limfatik.

Kehadiran infeksi atau riwayat medis tertentu berisiko, ia dapat memicu pembengkakan kelenjar getah bening. Ini termasuk infeksi jamur vagina, vaginosis bakteri, infeksi saluran kemih, infeksi penyakit menular seksual, limfoma hodgkin dan kanker di sekitar area pembengkakan.

Kondisi yang juga dikenal sebagai limfadenopati, kemudian menyebabkan paket di pangkal paha. Area lain yang juga sering muncul gejala adalah ketiak dan kedua sisi leher, mereka melemparkan berita medis hari ini.

3. Hernia

Sejarah hernia dapat memicu paket di pangkal paha. Istilah hernia mengacu pada kondisi jaringan atau mendorong organ melalui lubang di otot -otot di sekitarnya. Misalnya, usus dapat menembus area yang melemah di dinding perut bagian bawah.

Dua jenis hernia dapat terjadi di dekat pangkal paha, yaitu, hernia inguinal dan hernia femoralis. Hernia inguinal terjadi ketika jaringan lemak atau bagian dari usus tipis menonjol melalui otot -otot yang melemah di dinding perut bagian bawah. Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, pria lebih cenderung mengalami hernia inguinal daripada wanita.

Hernia femoralis terjadi ketika jaringan lemak atau bagian dari organ perut mendorong melalui titik lemah di otot -otot dekat paha internal. Gejala -gejala lain yang mungkin muncul adalah benjolan di bagian bawah perut dan pangkal paha, benjolan dalam skrotum, nyeri pangkal paha, mual dan muntah.

Baca Juga:  5 Cara Mengelola Emosi, Kendali Ada di Kamu!

4. Infeksi menular seksual (IMS)

Bahkan terkait dengan titik nomor dua, penyebab benjolan di pangkal paha, salah satunya adalah infeksi menular seksual. Karena, keberadaan gangguan keseimbangan tubuh dapat menyerang dan menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Efek ini dapat disebabkan oleh:

  • Herpes
  • Clamidia
  • Gonorea
  • Sipilis

Di antara kondisi kesehatan ini, beberapa dapat memicu paket kelompok. Selain itu, kumpulan paket memiliki potensi untuk merusak dan membentuk luka. Penampilan abses tubuh karena infeksi penyakit menular seksual harus diobati dengan pengobatan karena risiko infeksius.

5. Saphena varix

Merasa benjol di pangkal paha menghilang saat berbaring? Kemungkinan besar, ini adalah Saphena varix. Gejala ini terjadi ketika katup vena saphenous tidak terbuka dengan benar untuk membiarkan darah mengalir. Akhirnya, darah dikumpulkan dalam vena dan bentuk di permukaan kulit.

Saphena varix mengaktifkan benjolan sebesar bola golf kulit dengan pewarna biru. Indikasi paket karena saphaena varix dapat terjadi jika memiliki varises atau pembuluh darah membesar di kaki atau kaki. Meski begitu, Saphena varix adalah kondisi langka.

6. Hidrokel

Hidrokel adalah istilah yang mengacu pada kondisi ketika skrotum atau testis bengkak. Pemicunya adalah akumulasi cairan di dalam tas. Kasus ini terjadi terutama pada bayi yang baru lahir. Namun, hidrokel masih bisa dialami oleh pria dewasa.

Pada bayi, hidrokel dapat menghilang hanya tanpa perawatan. Biasanya, ketika dia memiliki 1 tahun. Sedangkan untuk pria dewasa, akumulasi cairan dapat berdampak bahwa skrotum terasa lebih berat, menyebabkan perasaan tidak nyaman. Akhirnya, benjolan dapat muncul di pangkal paha.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa sakit. Namun, tidak ada kerusakan untuk berkonsultasi secara medis untuk mendapatkan perawatan terbaik.

7. Aneurisma femoralis

Arteri femoralis memanjang dari bagian atas setiap paha ke bagian bawah setiap kaki. Kondisi aneurisma femoralis adalah istilah medis untuk mengidentifikasi pembengkakan arteri femoralis, karena kelemahan di dinding arteri.

Dampak pembengkakan adalah penampilan paket berdenyut pada pangkal paha. Beberapa gejala potensial lainnya dari aneurisma femoralis meliputi:

  • kram di pangkal paha;
  • mati rasa di pangkal paha; Y
  • Rasa sakit yang menyebar ke satu kaki.

Statpearls menerbitkan sumber yang menunjukkan bahwa aneurisma femoralis paling sering menyerang pria 70 tahun atau lebih.

8. Abses

Abses adalah benjolan di bawah kulit karena nanah yang dikumpulkan. Pemicu, infeksi bakteri yang menentang sistem kekebalan tubuh. Ketika sel darah putih menyerang bakteri, beberapa jaringan terdekat mati dan membuat lubang. Kemudian, bagian ini penuh dengan nanah untuk membentuk abses.

Gejala abses termasuk paket yang terasa sakit saat disentuh, peningkatan suhu tubuh dan dingin atau terasa tidak sehat. Kondisi ini mungkin menjadi alasan mengapa paket muncul di pangkal paha.

Paket -paket di pangkal paha bisa menjadi gejala yang serius. Untuk menjamin diagnosis dan perawatan, konsultasi dokter akan sangat diperlukan.