7 Cara Yang Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata

7 Cara Yang Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata.

fikrirasy.id – 7 Cara Yang Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Mata. Fungsi mata sangat penting bagi manusia. Karena itu, kesehatannya harus selalu dipertahankan. Nah, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. Dengan mata yang sehat, Anda dapat melihat dengan jelas dan membuat rutinitas harian yang lebih nyaman.Setiap aktivitas yang dilakukan setiap hari tidak dapat dipisahkan dari peran mata sebagai rasa penglihatan. Meskipun fungsinya dapat berkurang seiring bertambahnya usia, tetapi Anda selalu dapat melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit mata.

Bagaimana menjaga kesehatan mata

Mengingat pentingnya fungsi mata, Anda dapat melakukan hal -hal tertentu untuk menjaga kesehatan mata, khususnya:

1. Periksa mata Anda secara teratur

Semua orang, mulai dari anak -anak hingga orang tua, disarankan untuk secara teratur memeriksa setidaknya setiap 2 tahun. Orang dewasa bahkan disarankan lebih dari 40 tahun untuk memeriksa mata setahun sekali.

Ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berhubungan dengan usia, seperti degenerasi makula, glaukoma dan katarak.

Berkat memeriksa mata, dokter dapat memantau keadaan mata dan mendeteksi masalah awal di mata karena penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, pemeriksaan penglihatan juga penting untuk dilakukan jika Anda memiliki riwayat penyakit mata yang secara genetik diwarisi dari orang tua ke anak. Dengan demikian, langkah manipulasi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

2. Konsumsi makanan nutrisi

Untuk menjaga kesehatan mata, disarankan untuk makan makanan nutrisi yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium dan asam lemak omega-3.

Beberapa nutrisi di atas diketahui melawan masalah mata yang berkaitan dengan mata, seperti katarak dan degenerasi makula. Anda bisa mendapatkan berbagai nutrisi dengan makan sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang -kacangan dan jeruk.

3. Hindari menggunakan perangkat terlalu lama

Melihat komputer atau layar ponsel cerdas terlalu lama bisa membuat mata lelah. Gejala bisa sakit kepala, sakit leher, bahu dan punggung, mata kering dan penglihatan kabur.

Baca Juga:  Jangan Asal Mengucek Mata! Begini Cara Membersihkan Mata yang Tepat

Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, istirahatlah sambil memutar mata selama 20 detik, setiap 20 menit. Anda juga dapat mengistirahatkan mata Anda selama 15 menit setiap 2 jam.

Jika mata terasa kering, Anda sering dapat berkedip atau menggunakan tetes mata.

4. Hindari paparan sinar ultraviolet

Tidak hanya kulit, tetapi mata juga harus dilindungi dari efek berbahaya dari sinar ultraviolet. Memang, mata terlalu sering terkena sinar ultraviolet lebih cenderung mengalami katarak, degenerasi makula, pembakaran kornea dan bahkan kanker mata. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi lebar selama kegiatan di siang hari.

5. Berhenti merokok kebiasaan

Merokok dapat meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula dan lesi saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan dan merusak retina mata. Karena itu, jika Anda seorang perokok aktif, berhenti merokok mulai sekarang.

6. Hati -hati saat menggunakan riasan

Riasan dalam bentuk cairan atau krim umumnya rentan terhadap pertumbuhan bakteri jika tidak digunakan terlalu lama. Karena itu, buang dan ganti riasan Anda jika digunakan selama 3 bulan. Juga hindari berbagi satu sama lain.

Selain itu, pastikan Anda mencuci muka dengan hati -hati sebelum dan sesudah makeup. Jika Anda merasakan iritasi atau infeksi mata saat Anda memakai riasan, hapus riasan dan konsultasikan dengan dokter segera.

7. Latihan rutin

Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata dan bahkan mengurangi risiko kehilangan penglihatan karena tekanan darah tinggi, diabetes dan kadar kolesterol tinggi.

Selain berbagai cara di atas, Anda juga disarankan untuk menghindari kebiasaan membaca di tempat -tempat gelap. Saat membaca, jaga jarak antara mata dan buku atau membaca objek hingga 25-30 cm, termasuk ketika Anda membaca saat Anda membaca.

Bagaimana menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah di mata. Namun, jika keluhan di mata berlanjut atau jika mata sakit, bengkak dan membuat penglihatan Anda terganggu, jangan ragu untuk segera memeriksa mata Anda ke dokter.