6 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Cuaca Panas

6 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Cuaca Panas

fikrirasy.id – 6 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Cuaca Panas. Cuaca panas di siang hari dapat membuat tubuh mudah lelah sehingga kegiatan terhambat. Bahkan, situasi ini juga dapat memicu masalah kesehatan fisik dan mental, Anda tahu. Oleh karena itu, mari kita jaga kondisi tubuh selama cuaca panas dengan menerapkan tip dalam artikel ini.

Paparan panas dalam jangka waktu yang lama dapat membuat peningkatan suhu tubuh. Dalam kondisi ini, tubuh secara alami akan berkeringat sebagai cara untuk mendinginkan dirinya sendiri.

Namun, jika paparan panas di luar batas toleransi tubuh, maka ini dapat memicu heatstroke yang gejalanya sakit kepala, kulit merah, dan jantung berdebar. Paparan cuaca yang terlalu panas juga berisiko menyebabkan dehidrasi, membakar kulit, pusing, kelelahan berlebihan, dan mual.

Selain menyebabkan keluhan fisik, paparan suhu panas juga dapat mempengaruhi kondisi emosional. Ketika terpapar suhu panas, Anda bisa menjadi mudah tersinggung, sedih, cemas, gelisah, linglung, dan stres.

Jaga kesehatan tubuh Anda selama cuaca panas dengan cara ini
Untuk menghindari efek buruk dari cuaca panas, Anda didorong untuk menjaga kesehatan Anda dengan melakukan metode berikut:

1. kebutuhan cairan yang cukup

Minum 2-3 liter air per hari akan membuat tubuh Anda terhidrasi meskipun cuacanya panas. Selain air, Anda juga dapat mengonsumsi air buah tinggi dan air kelapa yang dapat membantu menenangkan tubuh Anda selama panas.

Anda disarankan untuk membatasi minuman berkafein, seperti teh dan kopi, serta gula tinggi. Meskipun terasa menyegarkan, jika tidak seimbang dengan konsumsi air yang memadai, jenis minuman sebenarnya dapat memicu dehidrasi.

2. Gunakan tabir surya

Menggunakan tabir surya atau tabir surya menjadi suatu keharusan, apakah itu saat cuaca panas, mendung, atau bahkan hujan. Perawatan kulit ini akan melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kulit yang terbakar dan memicu penuaan dini.

Pilih tabir surya dengan SPF minimum 30. Menyampaikan kembali setiap 2 jam atau lebih sering jika Anda berada di suatu aktivitas di bawah terik matahari.

Baca Juga:  5 Tanda Terjebak Smiling Depression, Ceria di Luar Rapuh di Dalam!

3. Gunakan pakaian tertutup

Meskipun Anda mengenakan tabir surya, Anda masih perlu mengenakan pakaian panjang dan celana panjang untuk memberikan perlindungan ekstra. Hindari pakaian gelap, karena warna ini menyerap panas dan hanya akan membuat Anda lebih panas.

Lebih baik, gunakan pakaian berwarna cerah, longgar, dan lembut, seperti poliester, rayon, dan kapas. Jangan lupa juga memakai topi dan kacamata hitam saat dipindahkan ke luar ruangan untuk melindungi mata dan kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari.

4. Makan camilan lebih sering

Seringkali, cuaca panas membuat nafsu makan berkurang. Nah, agar tetap berenergi, Anda bisa makan camilan dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Pilih makanan ringan yang kaya protein, seperti yogurt, quaches, hazelnuts, kenari, atau mete.

Selain itu, pastikan Anda selalu menerapkan makanan yang sehat, sehingga tubuh tetap bugar sepanjang hari dan menghindari berbagai masalah kesehatan.

5. Hindari paparan sinar matahari dalam durasi yang lama

Sebisa mungkin, hindari aktivitas di luar ruangan saat matahari panas, yaitu pukul 10 pagi sampai jam 2 siang. Jika tidak memungkinkan, Anda dapat mengatasi hal ini dengan sering berlindung di tempat yang dingin, misalnya di bawah pohon yang teduh atau memasuki ruang ber-AC.

6. Olahraga di dalam ruangan

Latihan rutin akan membuat tubuh tetap bugar dan prima meskipun cuacanya panas. Namun demikian, hindari latihan di luar ruangan karena risiko tinggi menyebabkan heatstroke, dehidrasi parah, dan masalah kesehatan lainnya.

Solusinya, Anda dapat berolahraga di gym atau di rumah. Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan adalah yoga, latihan kekuatan, dan cardio.

Cuaca panas yang pedas sangat rentan terhadap masalah kesehatan. Namun, Anda dapat menghindari risiko dengan melakukan 6 tips di atas. Ingat, selalu dengarkan tubuh Anda dan jangan memaksakan diri untuk bergerak dalam cuaca panas jika Anda merasa tidak enak badan atau sudah merasa sangat lelah.