5 Penyakit yang Menular Melalui Gigitan Nyamuk

fikrirasy.id – 5 Penyakit yang Menular Melalui Gigitan Nyamuk. Nyamuk adalah serangga yang dapat membawa penyakit. Nyamuk yang terinfeksi dapat mengangkut patogen seperti virus atau parasit. Beberapa penyakit ini termasuk demam berdarah, malaria, elephantiap.

Beberapa tidak dapat mengeluh tentang gejala atau sekadar mengeluh rasa sakit ringan. Namun, beberapa kondisi dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius dan berbahaya. Penjelasan berikut telah dirangkum dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

1. Demam berdarah dengue

Demam berdarah disebabkan oleh virus demam berdarah yang menyebar melalui gigitan nyamuk spesies Aedes, seperti aegypti yang terinfeksi.

Nyamuk dapat terinfeksi virus demam berdarah dengan menggigit seseorang yang terinfeksi demam berdarah. Nyamuk yang terinfeksi inilah yang selanjutnya menyebarkan virus demam berdarah dan membuat orang lain mengalami demam berdarah.

Demam berdarah tetap menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Jumlah kasus telah meningkat selama musim hujan. Kementerian Kesehatan mencatat jumlah kumulatif kasus demam berdarah sampai minggu 22 tahun 2022 menjadi 45.387 kasus dengan kematian yang mencapai 432 kasus.

2. Malaria

Malaria adalah penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Jika tidak, malaria dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius dan fatal. Penyakit ini disebabkan oleh parasit yang menginfeksi beberapa jenis nyamuk.

Secara umum, seseorang terinfeksi malaria karena gigitan nyamuk anopheles betina yang terinfeksi. Nyamuk terinfeksi parasit yang disebabkan oleh malaria karena sebelumnya menggigit orang yang terinfeksi.

Diinformasikan oleh Direktorat Umum Pencegahan Penyakit dan Pengendalian Kementerian Kesehatan, kasus malaria di Indonesia mengalami penurunan 465,7 ribu pada 2010 menjadi 235,7 ribu pada tahun 2020. Secara umum, ada penurunan kasus malaria di hampir semua itu Provinsi Indonesia dari 2015 hingga 2020.

3. Chikungunya

Chikungunya disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui bit nyamuk yang terinfeksi. Nyamuk yang mengangkut virus Chikungunya adalah nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus. Chikungunya menyebabkan beberapa keluhan, seperti demam dan nyeri sendi. Tidak seperti demam berdarah demam berdarah, Chikungunya lebih jarang fatal.

Baca Juga:  Akibat Bau Mulut yang Tak Kunjung Pergi dari Hidup Anda

Ketika dia terinfeksi Chikungunya, yang menyarankan bahwa sebanyak mungkin dia tidak digigit nyamuk lain selama minggu pertama sakit. Karena, virus Chikungunya masih dapat bersirkulasi dalam darah sehingga dapat menularkan ke nyamuk lain saat mengisap darah.

4. Filariasis

Filariasis atau lebih dikenal sebagai kaki gajah adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit. Kaki gajah disebabkan oleh parasit yang dibentuk sebagai cacing mikroskopis yang termasuk dalam keluarga Filariodidea.

Parasit memanjang melalui gigitan nyamuk yang membawa larva filaria di dalam tubuh. Saat mengisap darah, parasit dalam tubuh nyamuk memasuki tubuh manusia. Selain itu, cacing filaria dewasa akan berada dalam sistem limfatik yang menyebabkan peradangan sistem limfatik. Dalam jangka panjang, pembengkakan dapat terjadi di ekstremitas bawah, yang membuat pasien kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari -hari.

Mengutip halaman Data dan Pusat Informasi Kementerian Kesehatan, Elephantiasis tetap menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Salah satu strategi eliminasi Philariasis dengan pemberian obat -obatan pencegahan massal di kota/kota filariasis endemik.

5. Zika

Penyakit Zika disebabkan oleh virus Zika yang menyebar melalui gigitan spesies Aedes yang terinfeksi. Penyakit Zika tidak menyebabkan keluhan pada kebanyakan orang.

Namun, infeksi Zika selama kehamilan menyebabkan kondisi yang lebih serius yaitu bayi yang mengalami kondisi mikrosefal. Infeksi selama kehamilan juga dapat menyebabkan komplikasi lain, seperti kelahiran prematur dan aborsi spontan. Selain itu, infeksi Zika juga dapat memicu sindrom Guillain-Barré pada orang dewasa atau anak-anak.

Nyamuk dapat membawa penyakit, salah satunya adalah demam berdarah. Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan pencegahan menguras dan menutup tangki air, mengubur barang -barang bekas dan melindungi dari gigitan nyamuk.