5 Manfaat Sehat Daun Handeuleum, Bisa Bantu Obati Wasir

fikrirasy.id – 5 Manfaat Sehat Daun Handeuleum, Bisa Bantu Obati Wasir. Holeuleum Leaf adalah nama bahasa Minggu dari tanaman yang disebut Latin Gaptophyllum pictum. Tanaman ini berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Di Indonesia, daun handeuleum sering disebut daun ungu. Ini karena daunnya ungu, meskipun tidak semua varietas memiliki warna yang sama.

Tanaman ini sering dibudidayakan oleh orang -orang Indonesia. Selain tanaman hias, handeuluem juga umum digunakan untuk obat herbal. Penggunaan sebagai obat herbal telah dilakukan diwariskan dan telah ditunjukkan bahwa itu efektif dalam menangkal penyakit.

From a medical perspective, cite the research “Phytochemical analysis and content of active ingredients of five Handuleum accessories (Graptophyllum Pictum (L.) Griff)” by the 2010 Medicinal and Aromatic Research Center, Handuleum leaves contain flavonoids, Tanina , saponins, alkaloids, glikosida, glikosida, dan triterpenoides.

Dipercayai bahwa bahan -bahan ini dapat mencegah dan mengatasi penyakit ini. Ada juga banyak penelitian ilmiah yang mengkonfirmasi manfaat Homeuleum dalam pengobatan berbagai penyakit. Apa manfaatnya?

1. Mengobati wasir

Daun handeuleum telah lama dikenal sebagai wasir atau wasir. Pemerintah melalui Pusat Penelitian Kedokteran Tradisional telah memasukkan daun handeuleum sebagai obat tradisional, pertimbangkan bir Susan Jane dalam kedokteran herbal: Seni Indonesia kuno Cure Herbal (2001).

Ada banyak penelitian ilmiah yang mengkonfirmasi manfaat daun homeuleum seperti obat wasir. Salah satunya adalah “Efek Ekstrak Cuti Ungu (Gaptophylum pictum Griff) dalam penyembuhan wasir” di 2016 Medical Journal of Lampung University.

Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa daun handeuleum secara efektif menyembuhkan wasir karena kontennya anti -inflamasi. Selain itu, alkaloid, tanin, saponin dan flavonoid dalam daun upeti berguna untuk melembutkan tinja, yang memfasilitasi proses buang air besar ketika terpapar wasir.

2. Menurunkan demam

Flavonoid dalam daun handeuluem memiliki efek antipritik, analgesik dan anti -inflamasi. Singkatnya, ketiga efek tersebut berperan dalam regulasi proses inflamasi dan suhu tubuh.

Baca Juga:  5 Tanda Kamu Semakin Jauh dari Dirimu Sendiri Segera Kembali!

Oleh karena itu, ketika digunakan untuk tubuh selama demam, ditunjukkan bahwa daun manualum efektif dalam mengurangi panas dalam tubuh, mengatakan penelitian “evaluasi patch daun manualum (graptophyllum griff l) sebagai penurunan panas” pada tahun 2019.

3. Menyehatkan mulut

Penelitian “Grapoptophillumtum (L.) Griff) Penelitian tentang pertumbuhan saluran akar gigi” pada tahun 2017 oleh Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Jember mengungkapkan triterpenoid, alkaloid, flavonoid, glukosida, saponin dan tanin dalam daun tangan. Ini dapat melebihi pertumbuhan jumlah bakteri di mulut.

“Konsentrasi ekstrak daun ungu dapat menghambat pertumbuhan bakteri saluran akar gigi,” kata hasil penelitian.

4. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel pada tubuh dan memicu penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, gangguan hati, dll. Tubuh kita memiliki pertahanan alami terhadap radikal bebas yang sering disebut antioksidan. Untuk meningkatkan pertahanan, kita harus mengonsumsi sumber antioksidan, salah satunya adalah sumbernya adalah daun handeuleum.

“Kegiatan antioksidan dari ekstrak cuti ungu” pada tahun 2017 di E-Journal of Applied Chemistry Indonesia menjelaskan bahwa kandungan nutrisi daun manualum berguna untuk menangkap radikal dan fungsi bebas sebagai antioksidan alami.

5. Dipercaya mampu menurunkan gula darah

Beberapa penelitian telah mengungkapkan penggunaan daun manual untuk mengurangi gula darah dan percaya bahwa mereka membantu pengobatan diabetes. Namun, penelitian masih menggunakan tikus atau hewan lain sebagai bahan eksperimental. Tidak ada penelitian tentang manusia.

Penelitian “Aktivitas Ekstrak Daun Wungu (Graptophyllum pictum (L) Griff)
Dalam mengurangi kadar glukosa darah tikus hiperglikemik “pada tahun 2014 oleh Universitas Pertanian Bogor, misalnya, ia menjelaskan bahwa ekstrak daun ungu berhasil mengurangi kadar gula darah pada tikus dengan hiperglikemia atau kondisi gula yang tinggi dalam gula darah.

Namun, sekali lagi percobaan ini dilakukan pada tikus. Diperlukan lebih banyak penelitian yang mengkonfirmasi pengaruhnya terhadap manusia.

Itulah beberapa manfaat daun handeuleum untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengkonsumsi dalam bentuk pil ekstrak yang dijual di toko atau campuran.

Jika Anda ingin menggunakan lembar ini sebagai obat alternatif selain perawatan medis, diskusikan dokter terlebih dahulu. Ini penting untuk menjamin keamanan untuk memastikan bahwa hanya manfaat yang diperoleh.