5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

fikrirasy.id – 5 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan. lengkuas sering digunakan sebagai rempah – rempah dalam masakan khas Indonesia dan Asia. Tidak hanya mampu menyedot rasa makanan, ada juga banyak manfaat dari Lengasan untuk Kesehatan. Itulah sebabnya, bumbu dapur seperti jahe ini juga sering digunakan sebagai obat tradisional.

Selama berabad – abad, lengkuas telah digunakan sebagai tanaman obat untuk mengatasi atau mencegah berbagai penyakit. Manfaat dari lengkuas sebagai obat tradisional tidak diragukan lagi karena rempah – rempah ini diketahui mengandung banyak senyawa penting yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti lalang, asam roda, polifenol, dan flavonoid.

Ini adalah manfaat dari lengkuas

Ada berbagai manfaat lengkuas untuk Kesehatan, termasuk:

1. Meredakan nyeri sendi

lengkuas dianggap meredakan nyeri sendi, misalnya dalam kasus osteoartritis atau rheumatoid arthritis. Jahe dan kunyit yang sama, lengkuas juga mengandung senyawa kimia anti – inflamasi yang dapat membantu meringankan peradangan nyeri sendi.

Sebuah studi yang dilakukan pada pasien dengan osteoartitis lutut juga menunjukkan bahwa ekstrak jahe dan lengkuas dapat menghilangkan nyeri lutut yang muncul ketika berdiri, jika dikonsumsi setiap hari. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan keefektifan lengkuas sebagai obat anti – nada.

2. Meningkatkan kesuburan pria

Konsumsi lengkuas juga diyakini meningkatkan kesuburan pria. Sebuah studi yang dilakukan selama 3 bulan untuk pria dengan kualitas sperma yang buruk, menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung lenggen dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Baca Juga:  Nikmati Manisnya Menggoda Durian Bawor Tumbuh – GARUDA TV

Namun, penelitian ini tidak murni menggunakan lengkuas, tetapi juga menggunakan bahan – bahan lain, yaitu delima. Oleh karena itu, studi lebih lanjut perlu dilakukan tentang manfaat lengasan ini.

3. Mengurangi kadar gula darah dan kolesterol

Konsumsi lengkuas juga diyakini mencegah diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan antioksidan polifenol yang dapat mengurangi kadar gula darah dan kolesterol buruk dalam tubuh.

4. Membunuh dan menghambat perkembangan virus dan bakteri

Penelitian menunjukkan kandungan galang dalam galangal memiliki potensi untuk menghambat pengembangan virus corona. Selain itu, ekstrak lalang juga dikatakan memiliki kandungan antimikroba yang terbukti mampu membunuh bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit. Namun, berbagai manfaat dari Lengara juga perlu diselidiki lebih lanjut.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Selain beberapa manfaat di atas, lengkuas juga dianggap membantu mengobati dan mencegah penyebaran sel kanker, seperti kanker usus besar, kanker serviks, dan kanker payudara. Tentu saja, bukti dan penelitian lebih lanjut masih diperlukan pada manfaat lengkuas yang satu ini.