5 Manfaat Kangkung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

5 Manfaat Kangkung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

fikrirasy.id5 Manfaat Kangkung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan. Ada banyak sekali manfaat kangkung untuk kesehatan. Sayuran yang mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau ini mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang sayang untuk dilewatkan.

Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal kangkung sebagai sayuran yang bisa menyebabkan kantuk. Padahal, kandungan serat, vitamin A, vitamin C, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, dan senyawa antioksidan dalam kangkung dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Jangan Sepelekan Khasiat Kangkung

Sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kangkung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan mata

Konsumsi kangkung dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan beta karoten yang cukup tinggi pada kangkung berperan dalam melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Selain itu, beta-karoten merupakan bahan baku vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A berperan penting dalam menjaga kejernihan kornea mata. Vitamin ini juga merupakan komponen penting dalam pembentukan rhodopsin, protein mata yang berfungsi untuk ketajaman visual dalam cahaya rendah.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin A dan C dalam kangkung juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua vitamin ini diketahui terlibat dalam aktivasi sel darah putih yang melawan infeksi. Selain itu, aktivitas antioksidan vitamin A dan C juga dapat melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Melawan radikal bebas

Selain vitamin A dan vitamin C, kangkung juga mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang memiliki aktivitas antioksidan, seperti flavonoid, asam palmitat, dan fitol.

Baca Juga:  Etika Merokok di Ruang Publik

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA, sel, jaringan, bahkan organ tubuh. Jika dibiarkan, radikal bebas berlebih dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit serius, seperti diabetes dan kanker.

4. Mengatur keseimbangan cairan

Orang dewasa membutuhkan sekitar 3.500-4.700 mg kalium per hari. Untuk memenuhinya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, seperti kangkung.

Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi. Salah satunya adalah membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, kangkung juga merupakan sayuran dengan kandungan air yang tinggi, bahkan lebih dari 90%.

5. Menurunkan tekanan darah

Kangkung bisa menjadi salah satu makanan untuk mengalahkan tekanan darah tinggi. Manfaat kangkung yang satu ini didapat dari kandungan potasiumnya yang mampu mengatur dan menurunkan tekanan darah.