5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!

fikrirasy.id – 5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!. Penyumbatan adalah penyakit yang terjadi karena kurangnya konsumsi serat dalam tubuh. Selain itu, pola makan yang buruk juga dapat memicu penyumbatan. Masalah perut ini sebenarnya harus segera ditangani agar tidak memperlambat latihan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mengatasi buang air besar yang merepotkan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi teh.

Zat dalam teh telah lama dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah terkait perut. Apa saja jenis teh untuk mengobati penyumbatan? Yuk, simak cara mengatasi keputihan yang mengganggu dengan teh pendampingnya.

1. Teh senna

5 Jenis Teh untuk Melancarkan Pencernaan, Solusi Ampuh Atasi Sembelit!

Daun senna adalah sejenis tumbuhan alami yang banyak digunakan untuk mengobati masalah perut. Zat sennosides yang terkandung dalam daun ini diakui membuat perbedaan pencahar.

Senyawa semacam ini pada daun senna berhasil mengatasi penyumbatan. Efek daun senna juga akan bekerja lebih baik jika dicampur dengan psyllium atau sodium docusate untuk mengobati penyumbatan.

Selain dikonsumsi sebagai obat, daun senna juga cocok untuk meracik teh. Rasa teh senna umumnya agak keras. Namun, Anda juga bisa menambahkan madu sebagai gula saat meminumnya.

Baca Juga : 10 Makanan Penghalus Pencernaan, Cocok Untuk Mengatasi BAB Sulit

2. Teh chamomile

Teh chamomile diproduksi menggunakan konsentrat bunga dari tanaman chamomile. Ribuan tahun sebelumnya, teh chamomile telah dikenal sebagai rempah-rempah untuk mengatasi berbagai masalah medis berkat segudang manfaatnya.

Rasa manis dan aroma harum teh ini sudah pasti siap memberikan rasa rileks dan tenang. Jika Anda mengalami penyumbatan, cobalah minum teh ini sebelum tidur. Pasalnya, zat dalam teh chamomile dapat mengendurkan perut dan meredakan otot-otot di saluran pencernaan.

Baca Juga:  Penyebab Bau Mulut Pada Anak Ini Jarang Orang Tahu

3. Teh dandelion

Teh dandelion berasal dari sejenis tumbuhan liar yang kaya akan manfaat dan tinggi vitamin A. Teh jenis ini juga ampuh dalam mengatasi masalah perut dan penyumbatan ringan.

Dandelion dapat bertindak untuk menyegarkan hati untuk mengeluarkan empedu yang secara tidak langsung mengatasi masalah penyumbatan. Selain itu, teh dandelion juga berfungsi sebagai diuretik dalam tubuh sehingga dapat menambahkan lebih banyak air ke tinja.

4. Teh peppermint

Sebagian besar, banyak obat bebas untuk mengobati masalah terkait perut mengandung peppermint. Salah satu bahan tambahan yang ditemukan dalam peppermint adalah mentol, senyawa yang memiliki aroma yang menyegarkan dan menyegarkan.

Efek mentol memberikan perasaan tenang dan dapat membantu meredakan nyeri perut selama penyumbatan. Cobalah minum teh peppermint setelah makan malam untuk membantu masalah perut lainnya.

5. Teh hijau

Khasiat teh hijau untuk mengatasi berbagai kondisi medis masih belum bisa dipastikan. Teh yang berasal dari tanaman camellia sinensis tentunya sudah cukup lama dimanfaatkan oleh Cina dan Jepang sebagai obat rumahan.

Salah satu bahan penting dalam teh hijau adalah kafein. Campuran ini berperan dalam memperlancar buang air besar, terutama bila dikonsumsi menjelang pagi hari.

Meskipun demikian, jangan mengonsumsi teh hijau secara berlebihan. Cobalah untuk tetap dalam dosis biasa, karena asupan kafein yang banyak dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Itulah lima jenis teh yang bisa membantu proses asimilasi Anda. Khusus untuk kamu yang sering mengalami keputihan yang padat, kamu bisa mengonsumsinya secara konsisten, kan!