5 Fakta Menarik Kalsium dan Perlu Vitamin D agar Fungsi Lebih Optimal

fikrirasy.id – 5 Fakta Menarik Kalsium dan Perlu Vitamin D agar Fungsi Lebih Optimal. Saat menyebutkan kata kalsium, apa yang terlintas dalam pikiran adalah manfaat kesehatan tulang. Memang benar, kalsium dapat menjaga kesehatan tulang, tetapi nutrisi ini juga memiliki banyak manfaat lain untuk tubuh.

Karena kalsium memainkan peran penting dalam fungsi normal tubuh, kebutuhannya harus dipenuhi oleh beberapa rentang usia. Selanjutnya, lima fakta menarik tentang nutrisi yang merupakan sinonim untuk susu.

1. Tubuh tidak menghasilkan kalsium

Kalsium adalah mineral yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Zat ini diperlukan untuk mempertahankan tulang yang sehat dan kuat. Namun, berbeda dari zat lain, tubuh tidak dapat menghasilkan kalsium, seperti yang dijelaskan pada halaman Medline Plus.

Oleh karena itu, kebutuhan kalsium makanan yang mengandungnya harus dipenuhi. Jika tidak, akan ada beberapa gangguan. Beberapa makanan yang kaya kalsium adalah susu, keju, tahu dan sayuran hijau seperti bayam.

2. Kalsium tidak hanya bermanfaat untuk tulang saja

Kalsium dikenal karena manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Faktanya, mineral ini memiliki banyak peran penting bagi fungsi tubuh untuk terus bekerja secara optimal.

Diinformasikan oleh osteoporosis dan penyakit tulang terkait, tubuh membutuhkan kalsium sehingga jantung, otot dan saraf dapat berfungsi secara normal. Selain itu, zat ini juga berguna untuk membantu membekukan darah.

Karena beberapa fungsi penting yang dibutuhkan kalsium harus dipenuhi. Jika jumlah kalsium yang diperoleh dari asupan makanan hilang, tubuh akan mengambilnya dari tulang kita. Karena, tulang kalsium menyimpan sekitar 99 persen, mengutip Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan. Inilah yang akhirnya membuat kepadatannya berkurang. Akibatnya, risiko osteoporosis bahkan lebih besar.

3. Tubuh memerlukan vitamin D untuk menyerap kalsium

Di sini osteoporosis dan penyakit tulang terkait menjelaskan bahwa tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium asupan makanan. Meskipun sudah mengkonsumsi makanan kalsium tinggi, jika tubuh tidak memiliki vitamin D, manfaat mineral menjadi kurang optimal.

Baca Juga:  6 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Vitamin D dapat dengan mudah diperoleh. Beberapa sumber makanan yang mengandungnya termasuk kuning telur, hati dan susu. Selain asupan makanan, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari, terutama di pagi hari. Karena, kulit secara alami akan menghasilkan vitamin D ketika terpapar olehnya.

4. Kekurangan kalsium mengakibatkan munculnya masalah kesehatan

Seperti disebutkan di atas, ketika asupan kalsium makanan tidak terpenuhi, tubuh akan mengeluarkannya dari tulang. Jika ini terjadi terus menerus, tulang akan lebih keropos. Pada orang dewasa, defisiensi kalsium meningkatkan risiko osteoporosis.

Selain itu, kalsium diperlukan untuk anak -anak untuk pertumbuhan dan perkembangan. Ketika mereka tidak mendapatkan cukup kalsium, tinggi badan mereka tidak dapat mencapai maksimum.

5. Namun, kalsium berlebihan juga tidak baik untuk tubuh

Meskipun tubuh membutuhkannya, ternyata asupan kalsium yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkannya dalam usia yang cukup usia.

Jumlah kalsium yang berlebihan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, kelenjar paratiroid terlalu aktif, adanya masalah kesehatan, konsumsi jenis obat tertentu, untuk asupan suplemen kalsium dan vitamin yang berlebihan D.

Healthline mengatakan jumlah kelebihan kalsium dapat menyebabkan keluhan seperti sembelit pembengkakan. Masalah ini juga dapat memicu pembentukan perhitungan ginjal dan dapat mengganggu pekerjaan jantung dan otak.

Kalsium adalah mineral penting sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, tubuh akan mengambilnya dari tulang. Oleh karena itu, kebutuhan kalsium harus dipenuhi dengan jumlah usia yang cukup, disertai dengan vitamin D sehingga penyerapan kalsium lebih banyak leverage.