5 Cara Mengelola Emosi, Kendali Ada di Kamu!

fikrirasy.id – 5 Cara Mengelola Emosi, Kendali Ada di Kamu!. Semua orang punya perasaan, kan? Bagaimanapun, sayangnya, tidak semua orang mengerti bagaimana menghadapi perasaan. Jadi, seringkali perasaan yang muncul berbeda dan, yang mengejutkan, berbahaya. Jelas tidak apa-apa, namun jangan biarkan perasaan ini menyakiti orang lain.

Oleh karena itu, Anda benar-benar menginginkan metode yang tepat untuk menangani perasaan Anda untuk menciptakan ketenangan dan keteguhan mental yang sejati. Simak dengan lugas, memang, bagaimana menghadapi perasaan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari biasa.

1. Identifikasi emosi yang dirasakan

5 Cara Mengelola Emosi, Kendali Ada di Kamu!

Banyak orang memutuskan untuk mengabaikan dan menahan perasaan mereka meskipun mereka jelas mengerti apa yang mereka rasakan. Alih-alih dikendalikan, Anda akan tumbuh menjadi orang yang mudah menyerah yang sering menghindari masalah dan mulai mengabaikan kondisi psikologis Anda sendiri.

2. Terima kondisi bahwa emosimu nyata

Cukup akui bahwa perasaan Anda yang berkelanjutan adalah asli dan Anda sedang menghadapinya, apa pun itu. Meski mungkin terasa tidak menyenangkan, pengakuan ini sebenarnya memberikan data yang cukup untuk digunakan sebagai bahan untuk “resep” masa kini dan kontrol mendalam jangka panjang.

3. Buat catatan emosi yang paling sering dirasakan

Menulis catatan perasaan yang berbeda yang Anda rasakan akan sangat berguna selama waktu yang dihabiskan untuk menemukan desain yang telah mengganggu Anda selama ini. Catatan ini akan menjadi pelacak kondisi pikiran terbaik yang benar-benar sah karena kenyataan datang langsung dari diri Anda sendiri.

Strategi ini juga akan membantu Anda membedakan kondisi dan masalah yang muncul di dalamnya, apakah itu hubungan individu atau perjuangan di tempat kerja. Catatan Anda juga menambah pengendalian perasaan yang Anda rasakan, serta cara mengelola dan mengawasinya dengan lebih sungguh-sungguh.

Baca Juga:  Jangan Asal Mengucek Mata! Begini Cara Membersihkan Mata yang Tepat

4. Lakukan latihan pernapasan

Meski terkesan tidak penting, melatih pernapasan juga bisa menjadi cara paling efektif untuk mengatasi perasaan, lho. Dengan melakukan napas penuh, Anda akan ‘dipaksa’ untuk mundur ketika perasaan sedang menggelora untuk mencegah kompensasi berlebihan yang Anda inginkan untuk menjauh.

Ambil napas penuh ketika perasaan Anda mulai mendominasi dan perlu mengambil kendali atas kendali Anda. Tahan selama tiga hitungan dan kemudian hembuskan napas dengan santai. Anda juga dapat memproyeksikan ‘mantra kuat Anda sendiri, misalnya, “Saya pendiam”, “Saya bebas”, atau “Saya memiliki kendali atas segalanya”.

5. Menjauh untuk memberi jarak

Beberapa waktu yang relatif dekat dengan sumber kecenderungan Anda bisa sangat berharga dalam membunuh kecenderungan yang mendidih. Jarak, baik secara nyata maupun secara intelektual, akan membantu mengalihkan perhatian dari perenungan yang dikacaukan dengan dipengaruhi oleh perasaan, terutama perasaan pesimis.

Anda bisa mencobanya dengan jalan-jalan ke tempat nomor satu Anda. Bagaimanapun juga, jalan-jalan dengan teman dan keluarga atau sekadar menghabiskan energi dengan hewan peliharaan juga berhasil membunuh perasaan Anda, lho. Anda tidak hanya akan menjadi lebih pendiam, setiap perasaan Anda akan segera dikendalikan dan Anda akan benar-benar ingin berpikir lebih jernih.

Meskipun metode untuk mengatasi perasaan setiap individu adalah unik, pada dasarnya kelima strategi tersebut sangat ampuh dan layak untuk sulit. Cobalah untuk tidak membiarkan diri Anda dibatasi oleh perasaan sampai Anda kehilangan kapasitas untuk mengejar pilihan dengan pikiran yang terkumpul, oke?