5 Tips Redakan Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi pada Si Kecil

fikrirasy.id – 5 Tips Redakan Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi pada Si Kecil. Waktu gigi sering ditandai sebagai salah satu aspek dan tonggak penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak Anda. Namun, periode ini sering penuh belokan dan belokan karena disertai dengan beberapa tanda yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada anak Anda.

Meskipun proses gigi pada setiap anak berbeda, tetapi umumnya anak -anak akan menjadi lebih luar biasa dan sensitif karena gusi terasa bengkak, menyakitkan dan gatal. Akibatnya, tidak sedikit orang tua merasa kewalahan.

Dilaporkan oleh Cleveland Clinic dan Mayoclinic, Anda harus membuat tips berikut untuk membantu meredakan gejala gigi pada anak Anda. Dengan cara itu, anak Anda bisa menjadi lebih tenang karena ketidaknyamanan karena penurunan gigi.

1. Pijat gusi bayi dengan lembut

Saat melewati proses gigi, gusi anak Anda akan mengalami peradangan, seperti yang dilaporkan oleh Momsjunction. Itulah sebabnya gusi anak terasa gatal, bengkak dan lebih sensitif. Pada level tambahan, suhu tubuh bayi dapat sedikit meningkat.

Untuk alasan ini, disarankan untuk memijat gusi dengan jari bersih. Karena, tekanan kecil saat pijatan dapat menghilangkan rasa sakit yang dirasakan anak Anda. Orang tua juga dapat menggunakan kain dingin yang bersih dan kecil untuk menenangkan gusi yang meradang.

2. Memberikan mainan teething yang dingin

Selain menggunakan jari dan kain, mainan untuk gigi atau mainan bayi tanpa BPA juga dapat dianggap sebagai alternatif. Simpan mainan di lemari es sehingga suhunya dingin dan pastikan mainannya bersih sebelum dan sesudah digunakan.

Hal -hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin menggunakan mainan jenis ini, hindari mainan yang terbuat dari gel, kayu, dan plastik. Itu karena mudah rusak. Menurut Deklarasi Badan Pengendalian Obat dan Makanan di Amerika Serikat, mainan tidak boleh dibekukan karena dapat pecah dan berpotensi membuat anak Anda tenggelam.

3. Memberikan camilan dingin dan sehat

Jika anak Anda memiliki lebih dari 6 bulan ketika gigi Anda tumbuh, camilan dingin dan sehat dapat dimasukkan ke dalam menu makanan. Ada beberapa ide penyegaran yang dapat diadopsi di rumah, seperti palet, buah -buahan dan kue. Namun, diinformasikan oleh klinik Cleaveland, pemilihan jenis lemari es harus menyesuaikan dengan usia dan kemampuan untuk memakan anak Anda.

Baca Juga:  Langkah Ramah Lingkungan Saat Haid: Fikrirasy.ID Indonesia

Hal lain yang seharusnya tidak lepas dari perhatian adalah masalah kebersihan lisan. Untuk menghindari rongga, selalu bersihkan rongga mulut anak Anda setelah makan. Ini dapat dilakukan dengan menggosok gusi dengan kain yang bersih dan lembut. Selain itu, pastikan tidak ada residu makanan.

4. Menghabiskan waktu untuk cuddle dan bermain dengan si kecil

Menurut 1000 hari pertama dukungan dari orang tua baru, memberikan pelukan hangat cukup efektif untuk meringankan gejala rasa sakit yang secara alami selama gigi. Mengambil anak Anda sambil mengguncangnya sedikit dianggap lebih tenang dan lebih santai.

Selain menghabiskan waktu untuk berpelukan, bermain dengan anak Anda juga dapat memiliki efek yang sama. Bukan tanpa alasan, ini dapat mendistribusikan ke anak Anda dan menyimpang sedikit dari rasa sakit yang Anda alami.

5. Periksakan ke dokter jika gejala tak kunjung membaik

Secara umum, ketidaknyamanan yang muncul selama proses gigi dapat ditangani di rumah. Namun, jika gejalanya tidak pernah berhenti, segera konsultasikan dengan dokter agar anak Anda menerima perawatan yang tepat.

Diinformasikan oleh Healthline, jika anak Anda mengalami gejala -gejala berikut, segera tinjau status kesehatan Anda.

  • Bayi memiliki kurang dari 3 bulan yang mengalami demam.
  • Bayi 3 hingga 48 bulan yang mengalami demam lebih dari 40 derajat Celcius selama lebih dari 24 jam.
  • Bayi mengalami demam disertai dengan nyeri yang parah, sangat sensitif, kejang, ruam dan muntah.

Sebagai seorang ayah, tampaknya dia tidak tahan melihat bayi itu terasa tidak nyaman dan bahkan dengan rasa sakit ketika melewati proses gigi. Oleh karena itu, beberapa metode di atas dapat dilakukan untuk membantu meringankan gejala. Namun, jika gejala yang dialami anak Anda tidak membaik, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter, ya!