8 Kebiasaan Buruk Yang Harus Kamu Tinggalkan di Usia 30 Tahun

8 Kebiasaan Buruk Yang Harus Kamu Tinggalkan di Usia 30 Tahun

fikrirasy.id – 8 Kebiasaan Buruk Yang Harus Kamu Tinggalkan di Usia 30 Tahun. Menjadi seseorang yang bijak terhadap diri sendiri itu perlu. kamu memang memiliki kehidupan sosial yang harus dijaga, namun ada beberapa kebiasaan yang mungkin harus kamu sesuaikan dengan kemampuan tubuh kamu, terutama seiring bertambahnya usia. Kesehatan bukan lagi sesuatu yang harus diabaikan. Jika kamu sudah memasuki usia 30 tahun, inilah beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu tinggalkan.

8 Kebiasaan Buruk Yang Harus Kamu Tinggalkan di Usia 30 Tahun

1. Begadang

Jujur saja, tidur larut malam tidak baik untuk usia berapapun, apalagi 30 tahun ke atas, dimana seharusnya kamu sudah sadar bahwa hal itu bisa sangat merugikan. Pertama, tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur atau istirahat dimana sel-sel tubuh beregenerasi dan memperbaiki diri. Akibatnya, kamu sering merasa lelah, malas, mengantuk bahkan mudah tersinggung. Kedua, kebiasaan begadang membuat kamu cepat tua.

2. Merokok

Tidak ada kebaikan yang bisa kamu dapatkan dari merokok selain menumbuhkan penyakit. Diketahui dari WHO, dalam sebatang rokok konvensional mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia dengan 250 di antaranya membahayakan kesehatan. Jadi mengapa menghabiskan uang untuk membeli penyakit? Mungkin terlihat keren pada awalnya, tetapi salahkan diri kamu sendiri jika kamu sering sakit.

3. Minum minuman beralkohol

Seiring bertambahnya usia, kebugaran tubuh akan mulai berkurang apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga, dan hal ini akan diperparah dengan kebiasaan minum minuman beralkohol. Minuman beralkohol tidak hanya menyiksa ginjal tetapi juga berisiko merusak hati, sakit maag, kejang bahkan kematian. Jadi jangan ragu untuk memilih mencintai tubuh kamu atau kebiasaan buruk kamu.

4. Berpakaian terbuka

Banyak wanita rupanya setuju untuk mengganti gaya berpakaiannya seiring bertambahnya usia, apalagi tidak lagi berpakaian ketat dan terbuka sehingga sering memperlihatkan bagian tubuh. Pakaian terbuka memberikan kesan berkelas, tidak sopan, tidak elegan. Wanita seringkali dinilai dari penampilannya, dan definisi cantik adalah ketika kamu mampu menjaga harga diri dengan memilih pakaian yang sopan, rapi, nyaman dipakai dan pantas dipakai kemana saja.

Baca Juga:  5 Tips Gigi Mudah dan Sehat

5. Mengabaikan perawatan kulit

Semakin tua usia kamu, tentunya kamu harus sadar bahwa kamu tidak bisa mengabaikan perawatan wajah selamanya jika tidak ingin kerutan muncul dengan cepat. Usahakan minimal menggunakan pelembab, serum dan rajin membersihkan wajah dari makeup setiap hari untuk memenuhi nutrisi kulit dan memperlambat proses penuaan dini.

6. Boros dan impulsif

Semakin tua usia kamu, semakin sadar kamu akan stabilitas keuangan. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang kurang penting. Akan lebih baik jika disimpan, bahkan diinvestasikan. Daripada membeli banyak baju untuk gaya, lebih baik beli banyak emas untuk disimpan sepanjang masa, apalagi harganya tidak akan turun.

7. Jangan pernah berolahraga

Kebiasaan buruk ini harus segera dikurangi. Mulailah berjalan selama 30 menit jika kamu tidak menyukai olahraga apa pun. Jalan kaki saja sudah bisa membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah bahkan meningkatkan kebugaran. Pilih olahraga apa pun yang kamu suka dan luangkan waktu untuk melakukannya setiap hari.

8. Makan makanan yang tidak sehat

Kebiasaan makan junk food sebaiknya tidak dibawa ke usia tua. Selain tinggi kalori dan rendah gizi, jenis makanan ini hanya akan membuat kamu kegemukan dan mengundang banyak penyakit. Pilihlah menu sayur, buah, ikan, daging dan berbagai makanan kompleks lainnya agar tidak mudah lelah.

Seiring bertambahnya usia, kita harus bijaksana terhadap diri kita sendiri. Mengurangi kebiasaan di atas tidak hanya untuk menjaga kesehatan tetapi juga untuk mencintai diri sendiri.