3 Risiko Besar Tak Mau Bayar Pinjol

3 Risiko Besar Tak Mau Bayar Pinjol

fikrirasy.id – 3 Risiko Besar Tak Mau Bayar Pinjol. Ada 3 risiko utama yang sangat ingin tidak membayar pinjaman yang perlu diketahui. Risiko tidak membayar pinjaman online benar – benar perlu diketahui. Alasannya adalah jika nanti tidak membayar, konsumen dapat menjadi daftar hitam dari daftar peminjam.

Jadi, meminjam pinjaman online harus berhati – hati. Jangan hanya tergoda karena pencairan yang cepat, tetapi tidak tahu ukuran bunga pinjaman online.

Keberanian ini penting karena ada risiko tidak membayar pinjaman online. Kebutuhan mendesak seringkali menjadi penyebab mengirimkan pinjaman online.

Namun, meskipun sistem pinjaman cukup mudah bahkan pinjaman segera ditransfer ke akun Anda hanya dalam beberapa menit. Namun, jika pembayaran stagnan dan tidak sesuai dengan tenor yang ditentukan itu pasti akan menyebabkan masalah.

1. Bunga dan denda menumpuk

Menghitung bunga pinjaman online yang tidak membayar atau belum dibayar akan berlanjut. Risiko ini menyebabkan akumulasi bunga dan denda menumpuk. Jumlahnya bisa membengkak hingga puluhan juta.

Selain itu, akumulasi pinjaman akan disertai dengan denda jika pinjaman jatuh tempo. Semakin lama menunggak, semakin besar pinjaman total karena ditambahkan dengan banyak minat dan denda

2. Sanksi pinjaman sesuai dengan perjanjian tidak dalam bentuk sanksi pidana

Berdasarkan ketentuan hukum nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 19 Paragraf 2 yang menjamin bahwa seseorang tidak boleh dihukum karena penjara karena ia tidak dapat memenuhi kewajiban dalam perjanjian utang.

Baca Juga:  5 Alasan Mengapa Pesona Papua Sulit Ditolak

Anggota Komisaris Hak Asasi Manusia, Mohammad Choirul Anam juga mengatakan bahwa orang yang tidak membayar pinjaman online tidak dapat didakwa dengan sanksi pidana.

Namun demikian, peminjam mungkin tidak menyangkal kewajiban untuk membayar utang karena proses pembayaran masih dilakukan sesuai dengan perjanjian antara kedua pihak.

3. Diganggu oleh penagih utang

Biasanya jika peminjam tidak membayar angsuran, penyedia pinjaman menugaskan penagih utang untuk menagih di berbagai tempat kegiatan Anda, seperti di rumah, kantor, atau lokasi dana pinjaman. Jadi Anda tidak dapat bebas dalam aktivitas Anda karena selalu diikuti oleh penagih utang.