Berikut ini adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk instalasi LAMP setelah menginstall ulang sekaligus upgrade ubuntu 10.10 di netbook saya:

Install Apache MySQL PHP

Gunakan cara paling simpel: install LAMP ini menggunakan tasksel. jadi caranya:

  1. Install tasksel (sudo apt-get install tasksel)
  2. Install LAMP-server (sudo tasksel install lamp-server)

Install PhpMyAdmin

PhpMyAdmin adalah aplikasi antarmuka berbasis web dan ditulis menggunakan PHP untuk mengelola MySQL. Kalau ini sih gunakan cara paling simpel saja: buka Ubuntu Software Center cari PhpMyAdmin lalu klik install.

Pindahkan direktori localhost dan MySQL

Saya masih menggunakan windows untuk men-develop front end karena tampilan front end harus bagus di OS windows karena ia merupakan OS yang digunakan mayoritas pengguna komputer. Lagipula, tampilannya jauh lebih “standar” dibandingkan dengan OS lain yang kemungkinannya lebih “custom”.

Anyway, untuk environment server di Windows (jadi ceritanya netbook saya dual boot) saya menggunakan XAMPP yang direktorinya dipasang di partisi D. Data mysql di XAMPP ada pada direktori xamppmysqldata.

  1. Untuk memindahkan direktori localhost, silahkan baca thread ini (respon dari hikaricore)
  2. Sedangkan untuk memindahkan direktori data MySQL, silahkan baca tutorial ini.

Perhatikan baik-baik, ada beberapa hal yang harus disesuaikan dari dua tutorial diatas, tergantung dari kebutuhan anda. Tujuan pemindahan direktori ini adalah agar LAMP server di Ubuntu menggunakan file dan data yang sama dengan yang digunakan XAMPP di Windows, jadinya tidak dua kali kerja jika switch OS.

Voila! Setelah melakukan tiga langkah diatas, tinggal install browser-browser yang diperlukan + add-ons nya serta install mscorefonts.

Ada lagi yang lain? Silahkan berbagi 🙂

UPDATE (5/12/2010)

Saat saya coba akses localserver-nya, permalink dari halaman-halaman yang digenerate wordpress tidak muncul. Ternyata settingan AllowOverride none harus dibuat AllowOverride All lalu mod_rewrite-nya harus dijalankan dulu:

  • Buka file konfigurasi server di editor sudo gedit /etc/apache2/sites-enabled/000-default
  • Ganti semua AllowOverride none menjadi AllowOverride All
  • jalankan mod_rewrite: sudo a2enmod rewrite
  • Restart apache: sudo /etc/init.d/apache2 restart

Share Your Thought