HTML (hypertext markup language) merupakan jenis file yang digunakan untuk mendistribusikan informasi melalui halaman web di internet. Namun seiring dengan perkembangannya, dibuatlah XHTML (Extensible Hypertext Markup Language) yang merupakan keluarga dari XML markup language. Terlepas dari mulai diadopsinya HTML5 sebagai “masa depan internet”, penggunaan XHTML masih merupakan standar yang banyak diterima oleh browser-browser modern saat ini.

Jika anda pernah sudah mempelajari html dan tag-tagnya, anda bisa bilang bahwa pada dasarnya XHTML sama saja dengan HTML namun dengan beberapa peraturan yang lebih strict:

  • setiap tag harus “ditutup” dengan closing tag
  • penutupan tag harus hirarkis. contoh: <p><small>ini kecil</small></p>
  • XHTML case-sensitive
  • tag-tag dalam XHTML harus ditulis dengan huruf kecil (lowercase)

Salah satu kelebihan dari penggunaan XHTML adalah karena aturannya yang lebih strict, tampilannya akan relatif lebih “stabil” di berbagai browser (kecuali Internet Explorer 6, seperti biasa).

Lebih detail mengenai XHTML dapat dibaca di halaman wikipedia mengenai XHTML, artikel w3schools mengenai perbedaan antara HTML vs XHTML dan HTML and XHTML Frequently Asked Question di situs world wide web consortium.

3 thoughts on “Menulis dalam format XHTML

  1. pengetahuan dasar!
    mantap..

  2. mau tau aja

    contoh tagtagny ada gak..??

    1. Bisa dilihat di theme-theme WP yang bisa diunduh secara bebas. Coba lihat di theme yang saya buat juga bisa: http://outstando.com/essential/

Share Your Thought